Raja Tamba Tua Apresiasi Langkah Pemprov Sumut Dalam Melindungi Meimeris Tumanggor

MediaTribrata – Punguan Pomparan Raja Tamba Tua (PPRTB) mengapresiasi sikap Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dalam mengupayakan kerja sama dengan Malaysia dalam mencari majikan TKI asal Sumut, Meimeris Tumanggor yang ditelantarkan setelah mengalami sakit.

“Sebagai warga Sumut dan putra batak, kami sangat mengapresiasi tindakan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut terhadap Meimiris Tumanggor dengan mengutus Sekda Hj Sabrina Dalimunthe ke Penang,” ujar Edison Tamba.

Dipaparkan Sekjen Pokja Humas KNPI Sumut yang kerab disapa dengan sebutan Edoy ini menyebut langkah Pemprov Sumut dalam melindungi dan menjaga warganya ini dinilai luar biasa dan patut dibanggakan sebagai sebuah langkah berani.

“Secara adat Meimeris Tumanggor merupakan bagian keluarga kami (PPRTB). Karena merupakan boru (anak perempuan-istilah dalam Adat Batak). Kami harapkan, langkah hukum yang sedang dipersiapkan nantinya memberikan sepenuhnya apa yang menjadi hak Meimeris Tumanggor. Majikan dan Agen yang mengirimnya melalui biro jasa agar bertanggungjawab terhadap kesembuhan Meimiris Tumanggor serta bantuan biaya selama Meimiris tidak bekerja,” ujarnya.

Selain itu, ditegaskan Edoy, Pemerintah Indonesia dan Malaysia diminta melakukan langkah evaluasi keseluruhan terhadap agen atau biro jasa TKI secara keseluruhan.

“Kami minta semua biro jasa TKI dievaluasi. Agar perlindungan kesehatan, gaji, dan keselamatan para TKI dalam bekerja benar-benar terlindungi dan tidak terjadi lagi penelantaran. Apalagi kita tahu bahwa TKI adalah tulang punggung negara ini sebagaimana rilis Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), dimana pekerja migran Indonesia yang berada di luar negeri berjumlah sekitar enam juta orang dan menyumbangkan devisa mencapai Rp70 triliun,” tegasnya.