Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) Mulai Diterapkan di Indonesia

MediaTribrata – Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri Mengatakan rencana untuk menerapkan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) alias tilang elektronik di seluruh wilayah Indonesia. Namun, penerapannya itu akan dilakukan secara bertahap. 

“Ada (rencana penerapan E-TLE seluruh Indonesia), tahapan-tahapan itu tentunya ada,” kata Refdi, di Hotel Bidakara Jakarta, Jl Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2019). 

Dia memberikan himbauan terhadap setiap pemerintah daerah untuk menyiapkan fasilitas dalam mendukung penerapan sistem tilang elektronik.  

“Tapi bagaimana pun itu, kita juga mengimbau pemerintah daerah untuk menyiapkan segalanya karena tertibnya suatu kawasan itu juga mencerminkan tertibnya daerah,” ujarnya. 

E-TLE saat ini sudah mulai diterapkan, salah satunya di DKI Jakarta. Kamera tilang elektronik di Jakarta dipasang di sejumlah titik sepanjang jalan Sudirman-Thamrin. 

Kamera yang dimaksud ini mampu menganalisis berbagai pelanggaran. Seperti, tidak mengenakan sabuk pengaman bagi pengendara mobil, menggunakan ponsel atau telepon genggam saat berkendara, melanggar aturan ganjil-genap, melanggar marka atau rambu-rambu lalu lintas di jalan dan menerobos lampu lalu lintas.