Pakistan Mempertimbangkan Keputusan Menutup Jalur Udara ke India

MediaTriBrata – Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan sedang mempertimbangkan rencana untuk menutup wilayah udara dari Pakistan ke India. Selain itu juga, Khan dilaporkan sedang mempertimbangkan keputusan unutk menutup jalur perdagangan darat dengan Afghanistan.

Pakistan membuka kembali wilayah udaranya ke India dalam pertengahan Juli kemarin, setelah ditutup pada Februari paska serangan oleh kelompok teroris yang bermarkas di Kashmir yang dikuasai India, yang menyebabkan bentrokan antara negara bertetangga itu.

Menteri Sains dan Teknologi Pakistan, Fawad Chaudhry melalui akun Twitternya mengatakan Khan sedang memikirkan keputusan apakah akan menutup wilayah udara ke India dan rute daratnya ke Afghanistan ataukah tidak.

“Formalitas hukum untuk keputusan ini sedang dipertimbangkan. Narendra Modi sudah mulai, kita akan selesai!” kata Chaudhry.

Penutupan wilayah udara biasanya akan berpengaruh terhadap industri penerbangan sipil yang tidak berjalan normal seperti biasnya. Penutupan wilayah udara juga akan memaksa semua pesawat komersil berbelok ke jalan yang dapat dikatakan memutar sehingga dapat memakan biaya jutaan dolar.