Kepala Badan Ekonomi Kreatif Menerangkan Bagaimana Jakarta Kedepannya

MediaTribrata – Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf mengatakan gedung dan kantor bekas pemerintahan di ibukota saat ini yang jumlahnya tidak sedikit akan didirikan ulang dan dikonsepkan menjadi sebuah tempat usaha atau bisnis.

“Jakarta nanti akan menjadi tempat (pusat bisnis). Itu yang namanya kantor-kantor pemerintah nanti akan ditinggalkan oleh mereka itu akan jadi tempat-tempat usaha,” kata dia.

Dia juga menyatakan skema perubahan fungsi gedung tersebut masih belum ditentukan tapi masih dalam masa pembahasan.

“Dan itu ada skema-skema yang sedang dipikirkan oleh pemerintah, bagaimana kantor-kantor ini yang selama ini menjadi beban traffic dan lain-lain bisa menjadi tempat tempat usaha, tempat usaha kreatif gitu kan,” ujarnya. Dia juga menambahkan, dengan pindahnya ibu kota ke Kalimantan Timur dapat membuat tempat untuk mengolah usaha di Jakarta semakin luas dan besar.

Mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mendukung rencana pemindahan Ibu Kota yang marak diberitakan ini dapat memberikan dampak posisif untuk Jakarta. “Supaya pusat pertumbuhan, pusat ekonomi tidak terfokus di Jakarta. Jakarta ini kan pusat segalanya semuanya ada di sini campur aduk,” kata Djarot .

Selain itu, Djarot mengharapkan agar Ibu Kota baru dapat menerapkan otonomi khusus di daerah tersebut nantinya, sehingga lokasi Ibu Kota tidak perlu lagi adanya Pilkada seperti daerah lain pada umumnya.

“Jadi lebih aman. Jadi daerah khusus betul tidak ada Pilkada, tidak ada DPRD (kota) pastinya ya,” jelasnya.