Pemerintah Brazil Akhirnya Menerima Bantuan Dari Negara Luar

Foto udara menunjukkan asap mengepul dari kebakaran hutan di Kota Candeias do Jamari, Amazon, Brasil, Sabtu (24/8/2019). Kebakaran hutan Amazon menjadi sorotan dunia setelah api yang menjalar di paru-paru dunia itu mencapai 18.627 kilometer persegi tahun ini, dengan 76.720 kebakaran terjadi dari Januari-Agustus.

MediaTribrata – Pemerintah Brazil menyatakan mereka menyambut semua bantuan asing dari organisasi atau negara untuk membantu mengurangi kebakaran hutan yang terjadi di Amazon, selama mereka dapat memutuskan bagaimana menggunakan bantuan tersebut.

“Kedaulatan Brazil tidak bisa dinegosiasikan,” kata juru bicara kepresidenan Rego Barros. 

Presiden Jair Bolsonaro sebelumnya menyatakan bahwa ia ingin Presiden Prancis Emmanuel Macron menarik “penghinaan” yang dilakukan terhadapnya sebelum dia mempertimbangkan untuk menerima tawaran bantuan senilai USD20 juta dari negara-negara G7.

Kebakaran hutan Amazon sudah menjadi permasalahan dunia, dimana meningkatkan ketegangan antara Brasil dan negara-negara Eropa yang percaya Bolsonaro telah mengabaikan komitmen untuk melindungi keanekaragaman hayati.

Brazil sendiri sudah mengerahkan 44 ribu personil militer untuk memadamkan kebakaran hutan Amazon. Selain itu, militer akan menggunakan dua pesawat Hercules C-130 yang mampu menumpahkan hingga 12.000 liter air di atas api.

Kebakaran sudah lumrah terjadi di Brasil pada musim kemarau tahunan, tetapi tahun ini mengalami dampak yang lebih besar. Pakar negara Brazil melaporkan hampir 77.000 kebakaran hutan di seluruh negeri pada tahun ini, naik 85% dibandingkan periode yang sama pada 2018.