Perguruan Tinggi Baru di Ibukota Baru

MediaTribrata – Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mengaku sudah mendapat gambaran universitas di ibukota baru, termasuk juga kemungkinan munculnya cabang universitas di Kalimantan Timur.

“Katakanlah Universitas Indonesia, ada Universitas Indonesia di Jakarta dan Universitas Indonesia di Depok, barangkali nanti akan ada Universitas Indonesia di sana (ibu kota baru), barangkali. Ini ke depan kami lagi pikirkan,” ujar Menteri Nasir.

Menurutnya hadirnya cabang di sebuah perguruan tinggi adalah hal yang biasa di dunia pendidikan. Kampus-kampus terkenal di luar negeri sekaligus pun lumrah memiliki cabang-cabang di kota lain.

“Di Amerika Serikat itu ada yang namanya Universitas California di Berkeley, ada Universitas California di tempat lain. Ada MIT (Massachusetts Institute of Technology) yang ada di Kota Boston, ada yang di tempat lain. Sementara kita, rasanya kalau kampus punya cabang itu masih tabu,” paparnya.

Nasir menyatakan tak ada masalah jika perguruan tinggi memiliki kampus cabang, yang penting kualitasnya terjaga atau tidak jauh berbeda dengan universitas induknya. Dia menambahkan, Jokowi yang memiliki tujuan untuk mengembangkan SDM di Indonesia selalu mempertanyakan penyebab perguruan tinggi Indonesia tidak bisa masuk 100 besar kampus berkelas dunia.

“Solusi apa yang harus dilakukan? Saya usulkan ada dua cara perguruan tinggi Indonesia masuk daftar 100 besar dunia berdasarkan pengalaman dan perbandingan dengan negara negara lain. Pertama, kolaborasi para peneliti atau dosen asing bergabung dengan peneliti atau dosen Indonesia. Saat ini sudah ada, tapi hanya satu dua, belum banyak,” jelas Nasir.