Sri Mulyani Sudah Menyiapkan Dana Kelurahan dan Desa Tahun 2020

Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan keterangan pers mengenai Pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) 2019 di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (24/5/2019). Menteri Keuangan menyatakan telah mencairkan THR sebesar Rp19 triliun atau 19 persen dari proyeksi kebutuhan dana (Rp20 triliun) yang digunakan untuk membayar THR bagi PNS, Prajurit TNI dan Polri sebesar Rp11,4 triliun dan penerima pensiun atau tunjangan sebesar Rp7,6 triliun. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.

MediaTribrata – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati tetap mengalokasikan dana untuk kelurahan di Indonesia sebesar Rp 3 triliun pada tahun 2020 mendatang. Dana yang dimaksudkan tersebut sudah dimasukkan kedalam dana alokasi khusus (DAK).

Hal tersebut juga menjawab beberapa pertanyaan yang ditanyakan oleh anggota Komisi XI DPR pada saat rapat kerja (raker) mengenai hal yang terkait dengan asumsi dasar ekonomi di RAPBN tahun 2020.

“Kemarin juga apa ada dana kelurahan, dana kelurahan tetap ada di 2020,” kata Sri Mulyani.

Pemerintah sudah mengalokasikan dana transfer ke daerah dan juga dana desa (TKDD) sebesar Rp 558,8 triliun pada tahun 2020 mendatang. Hanya saja, khusus dana kelurahan tidak dipresentasikan.

“Itu tidak terpresentasikan, namun tetap ada di dalam DAK, sebesar Rp 3 triliun,” jelasnya.

Dana kelurahan yang disiapkan oleh pemerintah mencapai angka Rp 3 triliun di tahun depan, dan dana inilah yang akan disalurkan kepada 8.212 kelurahan yang tersebar di seluruh kota/kabupaten yang ada di Indonesia.