Tri Susanti Menjadi Tersangka Kasus Penyebaran Hoaks dan Ujaran Kebencian

MediaTribrata – Kepolisian Daerah Jawa Timur telah menetapkan korlap aksi yang memasuki Asrama Mahasiswa Papua (AMP), Tri Susanti atau yang kerap disapa Mak Susi menjadi tersangka kasus penyebaran hoaks/berita burung dan ujaran kebencian.

Kasubdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim AKBP Cecep Susatya memperlihatkan pesan whatsapp tersangka dan didapati bahwa Mak Susi menyebarkan kalimat yang berisi hoaks. Pesan yang dimaksudpun juga telah menyebar ke beberapa massa.

“Di sini ada ya, yang menyampaikan kata-kata seperti bendera dirobek, dimasukkan selokan, dipatah-patahkan. Ini berita hoaks,” kata Cecep.

Sementara untuk ujaran kebencian yang dilakukannya, Cecep mengatakan ada beberapa pesan dari wanita yang dipanggil Mak Susi tersebut yang menyebut bahwasanya mahasiswa Papua akan melakukan perlawanan dengan senjata tajam.

“Contohnya ujaran kebencian mohon perhatian izin kami butuh bantuan massa karena anak Papua akan melakukan perlawanan dengan senjata tajam dan panah. Ini juga ujaran kebencian dan berita hoaks,” ujar Cecep.