Diet Vegan Memiliki Dampak Negatif?

MediaTribrata – Cara lain untuk mendapatkan angka berat badan yang ideal selain berolahraga secara rutin yakni dengan menerapkan pola makan yang baik dan sehat. jenis diet yang paling banyak diterapkan didalam kehidupan sehari-hari yakni diet vegan yang fungsinya untuk menjaga berat badannya tetap stabil.

Diet vegan dan diet vegetarian adalah jenis diet yang berbeda. Biarpun keduanya sama-sama menghindari daging, diet vegan memiliki aturan yang lebih ketat dibanding vegetarian seperti tidak mengonsumsi apapun dari hewan.

“Jadi memang kalau ngomongin vegan, mereka pun pasti bilang asupan proteinnya cukup. Tapi balik lagi, mau seberapa banyak kamu makan kedelai,” tutur spesialis gizi klinis, dr Diana F Suganda.

dr Diana menjelaskan bahwasanya jika tidak mengonsumsi protein hewani sama sekali, murni tidak makan apapun sama sekali dari hewan, si pengonsumsi tidak akan memiliki asupan vitamin B12. Vitamin B12 berfungsi dalam membantu metabolisme tubuh dan hal ini tidak didapati di bagian nabati manapun.

“B12 hanya terdapat di hewani. Mau di daging, susu, telur, vitamin B12 kan untuk pembentukan sel darah merah,” ujarnya. 

Selain di Indonesia, di luar negeri sendiri banyak orang yang menerapkan diet vegan ini karena mereka secara rutin mengonsumsi vitamin B12. Dan Efek sampign dalam terlalu banyak makan sayur pun, ternyata bisa menghambat penyerapan energi dalam tubuh.

“Biasanya yang vegan akan malnutrisi dan anemia yang defisiensi besi dan megaloblastik jadi sudah lumayan parah,” jelasnya singkat.