Jembatan Holtekamp Tidak Dapat Diresmikan Oleh Jokowi

MediaTribrata – Jembatan Holtekamp di Provinsi Papua, direncanakan akan diresmikan langsung Presiden Joko Widodo. Namun, Staf Khusus Presiden untuk urusan Papua, Lenis Kogoya menyebut jembatan tersebut untuk saat ini belum dapat diresmikan.

“Jalan Jembatan Holtekamp, baru saja selesai dibangun. Jembatan merah namanya, itu sekarang nggak bisa diresmikan, karena apa? Masyarakat sudah punya sertifikat. Ada satu bintang emas, datang dia klaim bahwa tanah ini dia beli semua,” kata Lenis.

Penyebab jembatan tersebut tidak bisa diresmikan Jokowi karena persoalan kepemilikan lahan. Lenis sudah memberi tahu persoalan ini ke Presiden Jokowi sebagai pertimbangan.

“Nggak bisa diresmikan. Pak presiden tanya saya, kapan diresmikan? (Saya bilang) ada masalah. Ini yang masih bikin masalah sekarang,” Jelas Lenis.

Lenis juga mengungkapkan persoalan sengketa lahan lainnya juga menjadi dampak ke beberapa proyek pembangunan 25 unit rumah khusus di Sentani, Jayapura. Dimana dari informasi yang dikumpulkan, proyek tersebut masih mangkrak hingga sekarang.

“Akhirnya pembangunan rumah bantuan Jokowi jadi mangkrak, rumah itu jadi mangkrak, rumah itu tidak dibangun sampai hari ini,” ucap Lenis.

Jembatan Holtekamp akan sebagai penghubung antara Kota Jayapura dengan Distrik Muara Tami. Jembatan ini sendiri dibangun sejak tanggal 9 Mei 2015 lalu. Peletakan batu pertama jembatan yang memiliki panjang sekitar 733 meter tersebut dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi kala itu.