Skema Autodebet Dalam Pembayaran Iuran BPJS

MediaTribrata – Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris menyebutkan perlunya kewajiban pembayaran iuran premi dengan menggunakan metode autodebet bagi peserta baru dengan. Skema ini dikenal dengan nama pembayaran debit otomatis yang ditarik langsung dari setiap rekening peserta. Kewajiban baru ini dikatakan sudah dimulai sejak awal tahun 2019.

“Kami tahun ini melakukan kebijakan mewajibkan pembayaran iuran dengan autodebet pada setiap pendaftaran,” kata Fachmi.

Fachmi Idris menjelaskan, kewajiban ini diterapkan dalam rangka meningkatkan kepatuhan para peserta akan pembayaran iuran BPJS Kesehatan. Hal ini juga dipaparkan sebagai 10 program prioritas yang tertera dalam rencana kerja perusahaan (RKP) selama lima tahun ke depan.

Direktur Keuangan BPJS Kesehatan Kemal Imam Santoso juga menyampaikan kewajiban pembayaran iuran dengan autodebet berlaku pada seluruh peserta umum. “Sudah sejak awal tahun ini, dan berlaku pada PBPU (peserta bukan penerima upah) alias umum,” tutur Kemal.

Skema pembayaran iuran premi dengan autodebet juga akan berlaku kepada seluruh peserta yang sebelumnya sudah terdaftar dalam BPJS Kesehatan.