Pemerintah AS Tangguhkan 127 Proyek Militer Untuk Konstruksi Tembok Perbatasan

MediaTribrata – Kementerian Pertahanan Amerika Serikat memberhentikan sementara 127 proyek konstruksi militer mereka yang senilai US$3,6 miliar atau setara dengan Rp51 triliun untuk membangun tembok perbatasan dengan Meksiko.

Juru bicara Pentagon, Jonathan Hoffmann, menyatakan bahwa Menteri Pertahanan Mike Esper telah mencapai persetujuan untuk menlakukan pengalihan dana sekitar 127 proyek militer untuk digunakan dalam pembangunan tembok tersebut.

Hoffman juga memaparkan bahwasanya total dana tersebut terbagi menjadi US$1,8 miliar dari pendanaan proyek konstruksi militer AS di luar negeri, sementara sisa US$1,8 miliar lainnya berasal dari anggaran proyek militer dalam negeri.

“Komponen-komponen Kementerian Pertahanan dan departemen militer memberikan masukan dan memprioritaskan proyek-proyek berdasarkan kesiapan dan konsistensi dengan strategi pertahanan nasional,” paparnya.

Pengalihan dana ini dilakukan setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan status darurat nasional di daerah perbatasan AS-Meksiko karena gelombang imigran ilegal yang terasa meningkat. Keadaan darurat ini memungkinkan pemerintahan Trump menggunakan uang dari anggaran konstruksi militer.