India Kehilangan Kontak Dengan Kendaraan Antariksa Vikram

MediaTribrata – India dikabarkan kehilangan kontak dengan kendaraan antariksa Vikram pada hari ini saat dilakukan percobaan bersejarah untuk menjadi negara pertama yang berhasil mendarat di daerah kutub selatan bulan. Sampai saat ini, terdapat tiga negara yang berhasil mendarat di bulan yakni Amerika Serikat, Rusia, serta Tiongkok.

Suasana tegang menyelimuti ruang kendali Indian Space Research Organization (ISRO) yang membangun pesawat Chandrayaan-2 tersebut. Perdana Menteri India Narendra Modi juga turut hadir di Pusat Antariksa Satish Dawan di Sriharikota, India ini untuk menyaksikan pendaratan bersejarah tersebut.

“Vikram turun sesuai jadwal dan normal hingga ketinggian 2,1 kilometer (dari permukaan bulan). Kemudian, komunikasi dengan Vikram hilang. Saat ini data masih dianalisa,” jelasnya.

Untuk Chandrayaan-2 sendiri terdiri dari tiga komponen yakni pengorbit, kendaraan yang akan berfungsi untuk mendarat yang disebut Vikram, serta kendaraan darat yang berfungsi sebagai penjelajah yang dinamakan Pragyan. Kendaraan ini diluncurkan ke bulan pada tanggal 22 Juli lalu menggunakan roket Geosynchronous Satellite Launch Vehicle Mark III (GSLV Mk III). Tujuh minggu berselang kendaraan ini baru dapat sampai ke orbit bulan, tepatnya pada tanggal 20 Agustus 2019. Lalu Vikram melepaskan diri dari Chandrayaan-2 pada tanggal 2 September 2019 dan mulai melakukan pendaratan setelahnya.