Kabut Asap Selimuti Wilayah Palembang dan Sekitarnya

MediaTribrata – Kabut asap yang berasal dari kebakaran hutan dan lahan menyelimuti Kota Palembang dan sekitarnya, termasuk wilayah perairan sungai Musi dan Jembatan Ampera. Dampak yang dirasakan oleh warga sekitar seperti warga setempat mengeluhkan gangguan jarak pandang, bau menyengat, dan gangguan pernafasan.

Anggota DPRD Sumatera Selatan, Masagus Syaiful Fadli meminta pemerintah Kota Palembang lebih berperan dalam menangani kabut tersebut dan juga membagikan masker secara massif.

“Kami berharap pemerintah Kota Palembang memberikan langkah-langkah kongkrit untuk mencegah terjadinya ISPA, jangan sampai terulang kejadian-kejadian sebelumnya,” paparnya.

Ia juga meminta pemerintah kota dan provinsi mencari solusi untuk mengantisipasi dampak dari kabut asap yang menyelimuti Kota Palembang dan sekitarnya. Dampak dari kabut asap ini juga mengakibatkan satu jadwal penerbangan terganggu dan jalanan tertutup asap.

Dinas Kesehatan Sumsel juga sudah membagikan sekitar 11 ribu masker ke masyarakat setempat. Pemerintah juga meminta masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah saat kabut asap kembali tebal.