Usaha Kementan Buat program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani

MediaTribrata –  Kementerian Pertanian mengandalkan program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani agar hasil produksi meningkat. Namun, tetap saja lahan rawa bisa mengalami gagal panen.

Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan, Sarwo Edhy, mengatakan para petani yang tergabung dalam program Serasi diupayakan untuk mengikuti program Asuransi Usaha Tani Padi.

Sarwo Edhy menjelaskan, untuk program asuransi pertanian yang dilaksanakan Kementan saat ini adalah dalam upaya menjalankan amanat UU No 19/2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani.

Direktur Pembiayaan Pertanian Kementan, Indah Megahwati, menambahkan upaya apa untuk pemerintah dan pemerintah daerah mengikutkan petani program Serasi dalam program AUTP merupakan salah satu strategi untuk mencapai target kepesertaan AUTP.

“Kami inginkan adanya kerja sama program Serasi di 3 provinsi yakni Kalimantan Selatan, Sumatra Selatan, dan Sulawesi Selatan. Semoga akan dapatkan sekitar 60% yang ikut asuransi,” kata beliau.