Asap Karhutla Dipastikan Tidak Sampai Negara Lain Tegas Menteri LHK

MediaTribrata – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya tak terima Indonesia dituduh penyebab munculnya asap kebakaran hutan dan lahan di Malaysia. Karena beliau tidak terima maka Siti berencana mengirimkan surat protes ke Duta Besar Malaysia.

“Saya akan menulis surat kepada Dubes (Malaysia) untuk diteruskan kepada Menterinya. Jadi saya kira supaya yang betul datanya,” ujarnya.

Berdasarkan hasil rapat dengan BMKG, saat ini tak ada asap lintas batas Indonesia ke negara lain, termasuk Malaysia. Meski kabut asap sempat melintasi batas Indonesia pada 8 September, namun itu hanya terjadi beberapa saat dan telah hilang kembali.

Siti menilai ada informasi yang ditutupi oleh Malaysia soal persoalan asap karhutla. Beliau berpendapat bahwa asap karhutla juga berasal dari wilayah Malaysia sendiri, seperti Serawak dan Semenanjung Malaya.

“Tidak benar ada asap dari Riau masuk ke Singapura. Kenapa? Karena pada beberapa hari itu, angin kencang bergerak di Semenanjung. Jadi tidak mungkin dari Riau menyeberang ke sebelah kanan,” tutupnya.