Kisah Dibalik video Yang Sempat Beredar Antara Habibie dan Xanana

MediaTribrata – Beredar video yang menampilkan hangatnya persahabatan antara BJ Habibie dengan mantan Perdana Menteri Timor Timur sekaligus mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao viral di media sosial.

Dalam video tersebut, BJ Habibie tampak terbaring di tempat tidur kamar rumah sakit dan dijenguk oleh Xanana Gusmao. Tak hanya berbincang, terlihat Xanana Gusmao memeluk tubuh BJ Habibie dan mengecup keningnya.

Sekretaris Pribadi BJ Habibie, Rubijanto menceritakan, peristiwa tersebut terjadi pada Agustus 2019. Saat itu Xanana tengah mengunjungi Habibie di rumah sakit. Awalnya, Xanana mengundang Habibie untuk menghadiri peringatan 20 tahun referendum Timor Leste pada 30 Agustus 2019. Namun, Habibie tak bisa hadir karena sakit.

Habibie dan Xanana, kata Rubi, memiliki hubungan yang sangat dekat. Di mana keika BJ Habibie menjadi presiden dia memerintahkan agar semua tahanan politik dibebaskan. Xanana satu di antaranya.

“Dengan demikian Xanana sangat terima kasih karena beliau tidak tahu menahu, tapi dikeluarkan oleh Pak Habibie. Dengan demikian kita bayangkan betapa terharunya dengan kebijakan dan keputusan Pak Habibie,” kata Rubijanto. Kedekatan itu, kata Rubijanto, masih terjalin hingga akhir hayat Habibie.