Kekerasan Oleh Massa Terhadap Beberapa Jurnalis Pada Saat Sedang Meliput di Gedung KPK

MediaTribrata – Aliansi Jurnalis Independen mengecam tindak kekerasan yang dilakukan oleh sebagian massa aksi terhadap jurnalis saat melakukan liputan di gedung KPK, Jumat 13 September 2019. AJI menduga ada upaya pembiaran dari aparat kepolisian yang berjaga di lokasi.

“Salah seorang korban kekerasan, kameramen Beritasatu Rio Comelianto menceritakan, jurnalis yang bertugas di gedung KPK mengalami intimidasi fisik secara langsung. Sejak kericuhan terjadi, Press Room jurnalis yang berada tepat di samping ruang lobi KPK, dilempari batu dan bambu oleh massa aksi,” kata Ketua Asnil Bambani Amri.

Atas peristiwa di atas, AJI Jakarta mendesak agar aparat kepolisian mengusut, menangkap pelaku dan memproses kasus ini secara hukum. AJI juga meminta aparat kepolisian untuk memastikan keamanan jurnalis saat meliput demonstrasi di lapangan.

“(AJI) Mengimbau jurnalis untuk menjaga independensi dan taat kode etik jurnalistik,” tutur Asnil. Massa aksi yang tergabung dalam Himpunan Aktivis Indonesia sempat berbuat rusuh saat unjuk rasa di depan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mereka turut mengecam oknum lembaga antirasuah yang menghalangi pencopotan kain hitam pada logo KPK.