Kepergian Aktivis Ham H.S. Dillon Memberikan Sebuah Catatan

Mediatribrata – Wakil Ketua Bidang Eksternal HAM Sandrayati Moniaga memberi catatan kepergian aktivis antikorupsi H.S. Dillon yang akrab disapa Lali bersamaan dengan revisi UU Komisi Pemberantasan Korupsi yang dinilai melemahkan lembaga itu.

Dalam penyemayaman abu jenazah H.S. Dillon itu, dia mengajak semua pihak tidak patah semangat dan menjadikan duka pelemahan KPK dan perginya aktivis HAM itu pengingat perjalanan Indonesia menuju negara demokratis masih panjang.

Sandrayati mengenang H.S. Dillon sosok yang memiliki sikap positif dan penuh semangat dalam gerakan penegakan HAM, antikorupsi, prodemokrasi, dan reforma agraria.

Acara penghormatan terakhir yang dilakukan sebelum pemakaman dengan upacara militer di TMP Kalibata untuk H.S. Dillon pada hari ini dihadiri keluarga serta rekan sejawat aktivis HAM dan antikorupsi.

Harbrinderjit Singh Dillon yang merupakan anggota Komnas HAM 1998—2003, meninggal dunia di RS Siloam Bali, Senin pukul 18.27 WITA karena penyakit komplikasi jantung dan paru-paru pada usia 74 tahun.