Seorang Pria Mengedit Video Yel-yel TNI Dan Menyebarkannya Sehingga Menjadi Hoax Telah Diamankan Polisi

MediaTribrata – Dwi Andika mengedit video yel-yel TNI dan menggabungkan dengan nyanyian suporter bola. Rekaman video editan itu viral di media sosial. Dia pun harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di hadapan Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri lantaran telah menyebarkan hoaks.

Kasubdit II Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Kombes Pol Rickynaldo Chairul mengatakan, Dwi Andika membuat sebuah video yang bisa memecah belah TNI dan Polri.

“Tersangka menggabungkan video dan suara. Video di mana pasukan TNI sedang melakukan gerakan Yel-yel. Sementara suara diambil dari rekaman suara yel-yel salah satu suporter bola dalam sebuah pertandingan di stadion,” kata Rickynaldo di Mabes Polri.

Rickynaldo menerangkan, rekaman video disebarkan melalui media sosial Facebook dan WhatsApp dan Telegram. Salah satunya di Facebook milik tersangka dengan nama Andika Phe-toys Betawie Gandul.

Tak cuma itu, Dit Siber Bareskrim Polri bekerja sama dengan Polda Jabar dan Polda Jatim juga berhasil menangkap pemilik akun media sosial yang menyebarluaskan video tersebut.