Kepolisian Riau Mendalami Kasus Karhutla Lebih Lanjut

MediaTribrata – Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau mendalami kasus kebakaran hutan dan lahan di area milik PT Adei Plantations and Industry di Kabupaten Pelalawan, dan PT Teso Indah di Kabupaten Indragiri Hulu.

Direktur Reskrimsus Polda Riau AKBP Andri Sudarmadi mengatakan, dia bersama Bareskrim Polri sedang menangani kasus kebakaran lahan PT Adei. Empat hektare lahan perusahaan itu telah dipasang garis polisi.

Penyidik menduga lahan tersebut sengaja dibakar untuk kebutuhan penanaman sawit. Sejumlah saksi dipanggil, termasuk Bupati Pelalawan H Harris selaku kepala daerah yang mengeluarkan izin terhadap perusahaan milik pengusaha asal Malaysia itu.

Polisi juga menduga pihak manajemen perusahaan sengaja membakar lahan untuk keperluan penanaman sawit baru. Ketika lahan semak belukar itu ludes terbakar, maka akan ditanami bibit sawit.

Bibit sawit itu sengaja disiapkan untuk ditanami di lahan bekas terbakar yang luasannya mencapai 155 hektare. Selain bibit sawit, ada juga tanaman sawit yang dibuat tidak tersusun rapi.