Karhutla di Beberapa Kecamatan Wilayah Sulses

MediaTribrata –  Kebakaran hutan dan lahan terjadi di enam kecamatan di Kabupaten Gowa, Sulsel. Kebakaran itu terjadi sejak Minggu pagi lalu hingga hari ini.

Sejumlah tim dari instansi terkait seperti BPBD, Manggala Agni, Damkar, TNI, Polri telah turun ke lokasi melakukan upaya pemadaman sejak hari pertama kejadian dibantu masyarakat. Namun api masih terus menjalar hingga kini mendekati pemukiman warga.

“Kebakaran itu terjadi di dusun-dusun di enam kecamatan yakni di Kecamatan Parangloe, Kecamatan Manuju, Kecamatan Parigi, Kecamatan Tompobulu, Kecamatan Botolemoangan dan Kecamatan Tinggimoncong,” kata Kepala BPBD Gowa, Iksan Parawangsa sebagaimana dirilis Humas Pemkab Gowa.

Titik api yang paling besar terjadi di Kecamatan Tompobulu dan Kecamatan Tinggimoncong.

Karhutla di wilayah ini, ucapnya, sangat dekat dengan permukiman. Olehnya, telah diimbau kepada masyarakat setempat untuk segera mengungsi hindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Bersama tim manggala agni, kata Iksan, lakukan upaya pemadaman dan evakuasi warga. Namun karena kondisi angin terkadang tidak menentu sehingga proses pemadaman sangat susah tertangani secara cepat.

Sementara itu, Kepala Dinas Damkar Gowa, Rostam Razak mengatakan, pemadaman karhutla ini telah dilakukan selama tiga hari berturut-turut. Telah diturunkan tim secara penuh bahkan dua kali lipat dari biasanya.

“Tadi malam sudah ditangani di Kecamatan Parangloe. Hingga saat ini kondisi belum padam. Begitu pun dari laporan di lapangan di Kecamatan Tombobulu juga masih dalam proses pemadaman,” katanya.

Bahkan kata Rostam, seluruh personel yang diturunkan sejak awal kebakaran membantu tim dari Manggala Agni, hanya saja upaya tersebut tidak bisa dilakukan secara penuh karena alat-alat yang dibutuhkan untuk penanganan karhutla masih terbatas yang dimiliki hanya mobil penembak, sementara mobil ini tidak semua medan bisa dilewati.

“Anggota kami di lapangan saat ini terus berupaya sekuat tenaga melakukan pemadaman termasuk menghindari terjadinya kebakaran yang merembes sampai ke pemukiman warga,” ujar beliau kembali.