Rencana Pemprov DKI Jakarta Untuk Segera Menggunakan Rumah Susun Pasar Rumput

MediaTribrata –  Pemprov DKI Jakarta berencana segera menggunakan Rumah Susun Sewa Pasar Rumput. Namun untuk dapat menggunakannya, diperlukan syarat administrasi yang salah satunya adalah Berita Acara Serah Terima pengelolaan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk bisa melakukan penghunian.

Kepala Bidang Pembinaan, Penertiban, dan Peran Serta Masyarakat, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta, Meli Budiastuti, mengatakan berita acara dibutuhkan karena bangunan tersebut bukan hanya milik Pemprov DKI Jakarta.

Nantinya, kata Meli, bangunan yang saat ini masih 99 persen rampung tersebut, akan ditujukan bagi warga terdampak normalisasi Daerah Aliran Sungai Ciliwung.

Meski begitu, Meli mengatakan harus ada pembicaraan lebih lanjut lagi antara Kementerian PUPR dan PD Pasar Jaya sebagai calon pengelola Rusunawa Pasar Rumput mengenai mekanisme penghuniannya.

Pasalnya, Rusunawa tersebut bukanlah murni hunian, karena di bawahnya ada pasar. Sementara, Pasar Jaya selama ini belum pernah mengelola hunian meskipun sudah ada Surat Keputusan yang menunjuk Pasar Jaya yang mengelola hunian dan pasar tersebut.