Porwil Sumut Akan Segera Dimulai Awal November Mendatang

MediaTribrata –  Sumatera Utara mengusung dua misi di Pekan Olahraga Wilayah Sumatera ke X yang akan berlangsung mulai 2- 9 November 2019 di Bengkulu, yakni meloloskan atlet sebanyak-banyaknya menuju PON, dan juga menargetkan juara umum, kata Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis di Medan hari ini.

“Porwil ini ada dua tugas penting yang harus dilakukan KONI Sumut. Pertama, meloloskan atlet Sumut menuju PON sebanyak – banyaknya. Tugas kedua meraih prestasi terbaik di Porwil Sumatera. Saya berharap tugas ini bisa dicapai jika sebelas cabor minimal bisa menjadi yang terbaik dari provinsi lain,” katanya.

Keyakinan John untuk merebut juara umum juga telah ditandai dengan hasil positif sepak bola yang telah terlebih dahulu memulai babak penyisihan grup.

Kemenangan 2-0 atas Bangka belitung di laga perdana, diyakini anak asuh Ansyari Lubis bisa menjadi juara grup guna memastikan langkah ke PON.

Sementara Ketua kontingen Porwil Sumut Prof Agung Sunarno mengatakan pada Porwil tahun ini kontingen total berjumlah 248 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 160 atlet, 36 pelatih, 5 manajer, dan 47 ofisial.

Sebelumnya 160 atlet Sumut telah menjalani pemusatan latihan daerah mulai 1 Maret 2019 hingga jelang pemberangkatan ke Porwil.

Porwil Sumatera yang diikuti oleh 10 Provinsi se Sumatera akan memperebutkan total 167 medali emas, 167 perak, dan 222 perunggu.

Sumut akan berlaga di 11 cabang olahraga yang dipertandingkan, diantaranya sepakbola (20 orang), biliar (7 orang), kempo (14 orang), catur (5 orang), renang (11 orang), atletik (25 orang), tinju (17 orang), muay thai (12 orang), panjat tebing (9 orang), bulutangkis (16 orang), dan bola voli (28 orang).

Atlet terbaik dikerahkan dari masing-masing daerah untuk mengikuti Pekan Olahraga ini, diharapkan agar sportif dapat menerima keputusan oleh juri.