Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika Adalah Langkah Awal

MediaTribrata – Pencegahan dinilai merupakan langkah utama dalam mengatasi peredaran dan penyalahgunaan narkotika. Masyarakat harus bisa saling menjaga agar tidak menjadi korban bahaya narkotika.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan sistem pranata sosial, Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) harus bisa menjaga warganya dari bahaya narkoba. Sehingga tidak ada yang terjerumus atau menjadi korban.

“Kalau tidak ada yang menggunakan, maka pasar (narkotika) akan tutup sendiri. Itu yang difokuskan. Kalau kita menangkap terus nggak ada habisnya,” ungkap Argo, Sabtu (2/11/2019).

Kendati demikian, upaya penindakan juga perlu dilakukan untuk mengantisipasi peredaran narkotika, termasuk mengungkap jaringan pengendali, bandar besar atau pemilik narkotika.

Pertama, penyidik merilis penangkapan seorang pengedar berinisial MT alias MU, lantaran nekat menyelundupkan narkotika jenis sabu-sabu seberat 226 gram menggunakan modus swallower atau dimasukkan ke dalam perut melalui anus, dengan menumpang pesawat terbang dari Batam menuju Jakarta.