Jadi BNN Gadungan, Pemuda Usia 30 Tahun Diamankan

Mediatribrata – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bogor berhasil menangkap seorang pemuda berinisial HF, karena nekat menjadi anggota BNN gadungan. Hal tersebut digunakan pelaku untuk memeras warga yang diduga menggunakan narkoba di Kota Bogor.

“Jadi ada sekelompok pemuda di wilayah Kota Bogor. Pelaku pura-pura mengintai dan bergerak seolah-olah anggota BNN yang melakukan penegakan hukum, tapi dibalik itu dia (HF) memeras,” kata Nugraha Setya Budi selaku Kepala BNNK Bogor.

Dalam melakukan aksinya, pelaku melakukan tuduhan terhadap salah satu pemuda bahwa telah menyalahgunakan narkoba. Kemudian HF meminta korban tersebut untuk memberinya uang tunai Rp 6 juta dengan dalih kasusnya tidak dilanjutkan ke polisi.

Karena takut, maka orangtua dari pada korban pemerasan pun akhirnya baru menyerahkan uang Rp 1 juta kepada pelaku pemerasan tersebut. Mendengar informasi tersebut, anggota BNN langsung bergerak mendatangi lokasi dan memeriksa identitas pelaku HF.

“Hasil pemeriksaan, yang bersangkutan bukan anggota BNN tapi warga sipil. Pelaku hanya memakai atribut dan id card BNN palsu,” ungkapnya.

Kepada petugas ia mengaku bahwa id card tersebut dibelinya dari seseorang yang masih dalam pengejaran seharga Rp 130 ribu. Selain pelaku, pihaknya juga mengamankan beberapa barang bukti berupa 6 bungkus plastik kecil yang diduga berisi ganja sintetis dan uang tunai Rp 1 juta.

“Kita juga akan periksa korban apakah positif narkoba. Kita imbau berhati-hati jika ada yang mengatasnamakan anggota BNN. Kalau bawa surat tugas itu yang ditugaskan oleh kami, kalau yang gak bawa surat tugas itu bodong,” pungkasnya.