Busyro: Selama 4 Tahun, Ada 7 Kali Upaya Pembunuhan Novel Baswedan

Busyro: Selama 4 Tahun, Ada 7 Kali Upaya Pembunuhan Novel Baswedan

Yogyakarta – Eks Ketua KPK, Busyro Muqoddas, menuturkan ada tujuh kali upaya pembunuhan atau penganiayaan kepada penyidik senior KPKNovel Baswedan yang dia ketahui. Upaya pembunuhan itu berlangsung sewaktu Busyro masih aktif di lembaga antirasuah tersebut.

“Sepanjang saya empat tahun di KPK, upaya pembunuhan atau penganiayaan terhadap Novel itu sudah berjalan enam sampai tujuh kali,” kata Busyro saat ditanya detikcom apakah kasus Novel pengeroyokan atau pemufakatan jahat, Senin (30/12/2019).

Busyro bercerita, kala masih menjadi pimpinan di KPK ia menjumpai penyidik yang wajahnya mirip dengan Novel ditabrak mobil milik orang tak dikenal. Kepada Busyro, penyidik dari aparat kepolisian itu memberikan keterangan mengejutkan.

“Penyidik itu menyatakan bahwa ‘ini yang ditarget bukanlah saya Pak, tapi adalah Novel. Bapak lihat wajah saya ini mirip nggak dengan bagian-bagian wajah Novel’,” ucap Busyro menirukan keterangan penyidik itu.

“Oh iya jidatnya sama,” timpal Busyro.

Penyidik tersebut, kata Busyro, yakin dirinya jadi korban salah sasaran. Menurutnya, tak hanya di satu daerah, tapi upaya yang sama terjadi di beberapa daerah.

“(Penyidik yang mirip Novel) itu ditabrak dengan mobil besar dan kakinya patah berat. Itu salah satu saja, di samping kasus lain di Sulawesi, di Mataram dan sebagainya,” lanjutnya.

Simak Video “Penyerang Novel Baswedan Ditangkap Bukan Menyerahkan Diri”