Polwan Polres Tabalong Ajarkan IRT Membuat Masker Sendiri

Herlina adalah seorang Polisi Wanita (Polwan) Polres Tabalong berpangkat Brigadir Kepala (Bripka) menjabat di satuan fungsi pembinaan masyarakat (Binmas).

Dia jua seorang ibu rumah tangga istri dari Aipda Ida Setyawan, S.H. dan mempunyai dua orang anak laki-laki bertempat tinggal di Komplek Griya Biduri Indah Blok B Jalan Bataman Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong.

Dengan situasi kondisi mewabah Pandemi Virus Corona / Covid-19 saat ini, alat pelindung diri (APD) berupa Masker menjadi langka untuk didapatkan dan meskipun barang tersebut ada, harganya akan lebih mahal dari harga biasanya.

Atas dasar itulah, Bripka Herlina berinisiatif membuat Masker secara mandiri dengan cara melihat video tutorial pembuatan Masker.

Profesi sebagai anggota Kepolisian, menggugah hati yang bersangkutan untuk berinovasi membuat Masker.

Pembuatan Masker tersebut pun diawali dengan memberanikan diri menggunakan bahan kain baju bekas dan dipakai sendiri beserta keluarga dirumah.

Kemudian hingga saat ini telah ada ratusan lebih Masker yang diproduksi dan dijual ke sesama anggota Polri dan Bhayangkari. Sedangkan uang hasil dari penjualan Masker tersebut untuk modal beli bahan kain untuk memproduksi Masker yang lebih dan dibagikan secara gratis kepada masyarakat di Kabupaten Tabalong.

Sebagai wujud kepedulian terhadap penanganan Covid-19, ia juga tidak lupa mengajarkan adik – adik Polwan untuk membuat Masker, baik menggunakan mesin jahit maupun menggunakan jarum tangan.

“Selain melaksanakan sosialisasi kami juga membuka pelatihan kepada ibu-ibu cara membuat Masker menggunakan mesin dan jahit tangan,” tutur Bripka Herlina.

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa kegiatan ini sifatnya terbatas dengan mengedepankan SOP Protokol Gugus Tugas Penanganan Covid-19 seperti jaga jarak, cuci tangan dan selalu menggunakan Masker.

Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meringankan dan membantu masyarakat sebagai wujud kepedulian Polres Tabalong melalui Satuan Binmas dalam pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) khususnya Kabupaten Tabalong. (Bripka Donny Diliansyah, S.H.)*(sumber : tribratanews.kalsel.polri.go.id)

Jangan lewatkan..