Tokoh Masyarakat Apresiasi Spontanitas dan Kepedulian Kapoldasu

Kapolda Sumut Irjen Drs Martuani Sormin, MSi dinilai merupakan sosok pemimpin yang memiliki spontanitas dan kepedulian luar biasa, tidak saja bagi lingkungan kepolisian yang dipimpinnya tetapi juga kepada masyarakat Sumut secara umum.

“Kita menyaksikan secara langsung bagaimana beliau memberi respons cepat terhadap berbagai situasi, baik keamanan, potensi gesekan sosial, tanpa perlu menunggu situasi berkembang atau bereskalasi lebih jauh. Akan tetapi, yang lebih luar biasa, beliau juga punya spontanitas dan empati terhadap permasalahan dan kesulitan yang dialami masyarakat,” ujar tokoh masyarakat Sumut, Dr RE Nainggolan, MM kepada Tribratasumutnews, Selasa (26/5/20)

Dia mencontohkan tindakan cepat yang diambil Kapoldasu saat mengetahui tragedi yang dialami Melisa boru Aritonang yang kehilangan ibunda terkasih, Kesnawati boru Sinaga di Bandar Tinggi, Batubara. “Seperti kita ketahui, Kapolda langsung memerintahkan Kapolres, AKBP Ikhwan Lubis untuk mengunjungi dan mengatasi kesulitan saudara kita itu. Bersama–sama dengan komponen masyarakat, terutama Pemuda Batak Bersatu, membantu keluarga tersebut sehingga semua prosesi pemakaman bisa terselenggara dengan baik,” ujarnya.

Menurut Bupati Tapanuli Utara 1999–2004 ini, hal tersebut membuktikan Kapoldasu dan jajarannya melihat lebih jauh daripada sekadar pendekatan keamanan. “Persoalan keamanan sering kali merupakan hilir atau dampak dari persoalan sosial kemasyarakatan. Berbagai survei membuktikan, di tempat di mana kesehteraan sosial relatif terjamin, angka kriminalitas pun biasanya rendah,” ujarnya.

Lebih jauh diungkapkan, spontanitas dan kepedulian juga telah ditunjukkan Kapoldasu yang merupakan putra Sumut itu pada kesempatan lain. “Saya kira bukan sekali dua kita melihat dan membaca berita seperti itu. Pak Martuani benar–benar mencerminkan sosok Bhayangkara yang mengayomi dan senantiasa memberikan kesejukan kepada masyarakat, dan di sisi lain ketegasan kepada pelaku kejahatan dan pengganggu ketertiban umum.

Oleh karena itu, mantan Sekdaprovsu ini mengimbau seluruh warga Sumut agar berperan aktif menjaga keamanan, ketertiban, dan harmoni di tengah masyarakat. “Bagaimanapun cemerlangnya kinerja Pak Sormin dan seluruh jajaran Polda Sumut yang beliau pimpin, tetap dibutuhkan peran serta dan dukungan seluruh lapisan masyarakat,” katanya.

RE Nainggolan optimis, di bawah kepemimpinan Kapoldasu, berbagai penyakit masyarakat seperti perjudian togel, begal, dan kejahatan lainnya termasuk teror dan persekusi akan menurun secara signifikan, bahkan tidak mungkin akan dinihilkan. [Ar](sumber : tribratanews.sumut.polri.go.id)

Jangan lewatkan..