Jelang New Normal, Polda Sumut Siapkan Video Call Tahanan–Keluarga

Polda Sumatera Utara (Sumut) menyiapkan sejumlah langkah menjelang penerapan new normal. Salah satunya dengan menyediakan fasilitas video call bagi tahanan dengan keluarga.

“Masalah tahanan, kami sudah siapkan untuk video call, jadi tidak ketemu antara keluarga dan tahanan,” kata Kapolda Sumut, Irjen Martuani Sormin, di Medan, Jumat (29/5/2020).

Irjen Martuani Sormin mengatakan nantinya pihak kepolisian bakal menyiapkan tempat khusus untuk video call di rutan. Hal ini dilakukan untuk mencegah potensi penyebaran virus Corona di rutan.

“Kami siapkan tempatnya. Cukup dia video call di dalam, jadi dia tidak perlu ketemu,” tutur Irjen Martuani Sormin.

Selain itu, Martuani juga menyebut pelayanan kepolisian bakal menyesuaikan dengan protokol kesehatan new normal di tengah pandemi. Antara lain dengan menjaga jarak, menyiapkan hand sanitizer hingga mewajibkan penggunaan masker.

“Sekarang implementasi, sudah kami siapkan di seluruh kantor pelayanan di Sumatera Utara akan patuhi protokol kesehatan,” ucap Irjen Martuani Sormin.

Irjen Martuani Sormin mengatakan keamanan di Sumut masih dinilai kategori kondusif meski Corona merebak. Meski demikian, Martuani menyebut ada peningkatan kasus pencurian di Sumut.

“Secara umum kamtibmas masih kondusif, ada beberapa peristiwa menarik meningkat khususnya pencurian pemberantan,” ujar Irjen Martuani Sormin. (wd) (sumber : tribratanews.sumut.polri.go.id)