4 Khasiat Empon-Empon untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh di Era New Normal

Setelah sempat populer pada awal-awal penyebaran virus corona di Indonesia, sebagai minuman yang dipercaya dapat mencegah penularan virus, kini empon-empon juga tetap dikonsumsi untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh di era New Normal. Era New Normal yang menuntut kita untuk hidup berdampingan dengan virus corona akan menjadi ancaman jika kita tidak menjaga kesehatan tubuh.

Minuman yang sempat mendapat julukan ‘Jamu Jokowi’ ini terdiri dari 4 jenis bahan yakni, kunyit, temulawak, kencur, dan jahe. Cara membuatnya juga sangat mudah dan praktis. Pertama, keempat bahan empon-empon digeprek hingga bentuknya menjadi pipih, kemudian setelah itu direbus. Rebus sampai mendidih, lalu hidangkan. Agar rasa minuman lebih beraroma, kamu bisa menambahkan kayu manis atau gula aren kedalam minuman.

Empon-empon sangat disarankan untuk disajikan pada pagi hari sebelum memulai hari. Jika biasanya kamu meminum susu atau teh hangat untuk sarapan, di era new normal ini kamu bisa menggantinya dengan kebiasaan baru menyeduh empon-empon. Meminum empon-empon dipagi hari jelas akan membantu peningkatan imun dalam tubuh karena kandungannya akan menjaga tubuhmu seharian.

Nah, untuk lebih jelasnya, Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 4 khasiat empon-empon untuk meningkatkan daya tahan tubuh di era New Normal. Simak semua khasiatnya agar kamu termotivasi untuk meminumnya setiap hari demi menjaga kesehatan tubuh.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Khasiat empon-empon untuk meningkatkan daya tahan tubuh ini didukung oleh peningkatan sistem metabolisme tubuh karena mengonsumsi jahe. Jahe mengandung banyak manfaat seperti vitamin B khususnya B5 dan B6, manfaat vitamin C, manfaat potasium, gingerol, dan manfaat magnesium. Kandungan tersebutlah yang membantu proses metabolisme tubuh menjadi sehat.

Mengonsumsi air jahe akan mendukung sistem metabolisme dan regenerasi sel yang kompleks pada organ tubuh. Maka dari itu, tidak heran jika jahe digunakan sebagai obat herbal yang baik bagi kesehatan, kecantikan bahkan untuk diet karena kandungan mineralnya yang beragam. Apalagi di era new normal ini, kita harus menjadikan kesehatan sebagai prioritas utama.

Penangkal Jamur dan Bakteri
Selanjutnya, khasiat empon-empon yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh juga didukung oleh kandungan temulawak yang dapat dijadikan sebagai penangkal jamur dan bakteri. Kandungan yang ada dalam temulawak dipercaya mampu membasmi bakteri dan jamur secara efektif dalam tubuh.

Kandungan penangkal bakteri dan jamur yang ada dalam temulawak cukup efektif untuk membasmi bakteri jenis Staphylococcus dan Salmonella. Sedangkan senyawa antijamur dalam temulawak dinilai cukup ampuh untuk menghilangkan jamur dari golongan dermatofita.

Tentunya ancaman tidak hanya datang dari virus, bakteri dan jamur juga berbahaya. Maka dari itu, dengan mengonsumsi empon-empon kamu tidak hanya terbebas dari bahaya ancaman infeksi virus tetapi juga terlindungi dari serangan bakteri dan jamur.

Meredakan Peradangan
Selain temulawak dan jahe, kunyit sebagai salah satu komposisi bahan yang ada dalam empon-empon juga berkhasiat untuk meredakan radang. Hal ini karena kunyit memiliki kandungan zat aktif kurkumin yang merupakan antioksidan dan anti radang. Dalam satu sendok teh kunyit bubuk mengandung sekitar 200 miligram kurkumin yang bekerja memblokir sitokin dan enzim penyebab inflamasi dalam tubuh.

Seperti informasi yang sudah tersebar luas mengenai virus corona bahwa salah satu gejala yang dirasakan oleh korban yang terinfeksi adalah mengalami peradangan. Maka dari itu, dengan mengonsumsi empon-empon, kamu terhindar dari radang sebagai tanda awal terinfeksi. Tidak hanya itu, berbagai hasil uji praklinis juga menunjukkan bahwa kunyit dapat mengobati berbagai penyakit seperti, kanker, penyakit kardiovaskular, radang sendi, dan aterosklerosis.

Menangkal Radikal Bebas
Saat New Normal, pastinya aktivitas perlahan diusahakan untuk aktif kembali misalnya adalah bekerja. Tentunya saat kembali bekerja, ancaman menjadi lebih banyak, tidak hanya virus saja tetapi juga radikal bebas yang bisa menumpuk dan menyerang kesehatan tubuh. Jangan dianggap sepele, dampak atau komplikasi yang ditimbulkan dari radikal bebas sangat berbahaya untuk tubuh.

Untuk menangkalnya, jelas kamu bisa memanfaatkan empon-empon karena dalam minuman tersebut terdapat campuran kencur yang bermanfaat. Kandungan nutrisi yang ada dalam kencur dikenal mampu mencegah radikal bebas dan membuat tubuh menjadi sehat dan lebih bugar.(sumber : fimela.com)

Jangan lewatkan..