Fenomena Virtual Graduation Yang Dialami Angkatan 2020

Graduation atau yang dikenal sebagai acara perpisahan atau wisuda kelulusan adalah agenda rutin tahunan yang paling ditunggu-tunggu oleh para pelajar di seluruh dunia. Kemeriahan acara dan pertemuan dengan teman-teman menjadi momen yang bakal diingat nantinya.

Namun tampaknya ada yang berbeda di tahun 2020 ini. Yup, akibat pandemik corona yang masih belum berakhir membuat acara graduation yang biasanya diadakan di gedung atau sekolah ini diubah menjadi virtual graduation.

Tahun 2020 menjadi tahun yang nggak bakal terlupakan oleh para pelajar di seluruh dunia. Pasalnya, pandemik corona yang muncul dari akhir tahun 2019 ini menyebabkan banyak perubahan dalam berbagai kegiatan sekolah.

Mulai dari diadakannya kelas online, presentasi online, hingga ujian online melalui aplikasi video conference. Tentu saja nggak menutup kemungkinan untuk diadakannya virtual graduation, terlebih melihat keadaan sekitar yang belum kunjung membaik.

Walaupun acara perpisahan yang dilakukan secara online ini memiliki kesan yang sangat berbeda dari acara perpisahan pada umumnya, tetapi ini adalah satu-satunya pilihan yang aman tanpa harus melanggar peraturan pemerintah.

Beberapa sekolah di Indonesia juga sudah melaksanakan virtual graduation melalui aplikasi Zoom atau YouTube.

Serangkaian acara wisuda kelulusan disusun semirip mungkin dengan acara graduation yang sebelum-sebelumnya, yakni diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kata sambutan dari pihak sekolah, dan perwakilan dari beberapa murid.

Nggak lupa juga, virtual graduation dimeriahkan oleh video pertunjukan dari para pengisi acara.

Virtual graduation memang bisa sedikit mengobati rasa rindu kita kepada teman-teman dan para guru yang sudah menemani semasa sekolah. Tetapi, tetap saja keinginan untuk bertemu secara langsung masih menjadi keinginan.

Dan faktanya, nggak semua sekolah mengadakan virtual graduation. Ada beberapa sekolah yang sama sekali tidak mengadakan acara wisuda kelulusan. Walau begitu, jangan sedih, ya.

YouTube siap untuk merayakan kelulusan setiap siswa dan siswi dari berbagai dunia dengan menghadirkan sebuah acara yang dinamakan “Dear Class of 2020”.

Tak apa, girls. Walau harus mengalami banyak hal yang nggak terduga, jangan melihat keadaan pandemik ini sebagai penghalang untuk kamu menggapai cita-cita dan impian, ya.(sumber : gadis.co.id)