Satlanatas Polres Tanjungbalai Tilang 14 Kendaraan Balap Liar

Polres tanjung Balai melalui personel Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tanjungbalai tindak langsung (Tilang) 14 kendaraan yang terlibat balap liar, Minggu, (26/7/2020). Puluhan kendaraan tersebut ditilang persobel Satlantas saat menggelar aksinya di Jalan Sudirman Km 5 sampai dengan Km 7 Kota Tanjungbalai. Kapolres Tanjungbalai, AKBP Putu Yudha Prawira SIK MH yang dikonfirmasi membenarkan perihal tersebut. “Benar. Kegiatan ini bertujuan untuk membuat jera para pelaku balap liar di kota Tanjungbalai,” ujar Kapolres.

Selain untuk membuat jera pelaku balap liar, lanjut Putu menjelaskan, patroli penindakan aksi balap liar tersebut juga dilaksanakan untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, keteriban dan kelancaran (Kamseltibcar) lalu lintas di wilayah hukum Polres Tanjungbalai. “Hal lain yang tidak kalah pentingnya dari kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kasatlantas, AKP HW Siahaan ini ialah untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu libtas,” jelas mantan Kasat Reskrim Polrestabes Medan ini. Sebelumnya, Polres Tanjung Balai Polda Sumut telah melaksanakan giat patroli pendisplinan dan sosialisasi kepada warga dalam rangka adaptasi kebiasaan baru mencegah penyebaran virus Covid-19 di Kota Tanjung Balai.

Giat tersebut dilaksanakan pada hari, Sabtu (25/7/2020) malam pukul 22.00 s/d 24.00 WIB, sesuai dengan Surat Perintah Kapolres Tanjung Balai No. : Sprin/941/VII/OPS.2./2020 tgl 22 Juli 2020 dan Giat tsb dipimpin oleh Kapolres Tanjung Balai AKBP Putu Yudha Prawira SIK. MH dan dilaksanakan oleh Ka Satpolair IPTU TP. Sianturi selaku Pawas bersama Perwira pengendali Iptu E. Siswoyo dan Iptu K. Sitepu. Dalam pelaksanaanya, peserta giat yang terlibat terdiri dari personil Polres Tanjung Balai yang melaksanakan tugas sebanyak 27 orang.

Kapolres Tanjung Balai AKBP Putu Yudha Prawira kepada wartawan dalam keterangan tertulisnya, Minggu (26/7/2020) menerangkan, giat Patroli dilaksanakan untuk menyampaikan kepada warga dalam rangka adaptasi kebiasaan baru mencegah penyebaran virus Covid-19 di Kota Tanjung BalaiLanjut Kapolres, sarana dan prasarana giat, patroli menggunakan : 1 unit Mobil truk dinas Sat Sabhara, 2 unit Mobil dinas Sat Sabhara, 1 unit mobil dinas Provost dan 1 unit mobil dinas Sat lantas Polres Tanjung Balai.

“Sasaran/lokasi patroli dan lokasi giat yakni, Kafe di Jln. Alteri Kota Tanjungbalai, Warung Kopi pak Butarbutar di Jln. Jamin Ginting Kota Tanjungbalai, dan Warga yang beraktivitas di sepanjang Jln. Sudirman Kota Tanjung Balai,” ucap Kapolres. Lanjut AKBP Putu Yudha, himbauan yang di sampaikan, Agar warga mengurangi kegiatan diluar rumah dan tidak kerumunan. Selalu menggunakan alat pelindung diri, seperti pakai masker dan sarung tangan dan jaga jarak antara teman lainnya ( minimal 1,5 meter).

 Kemudian, selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitarnya. Dan sering cuci tangan pakai sabun di Air yg Mengalir. Disarankan kepada para pemilik dagangan agar menerapkan adaptasi kebiasaan baru yaitu selalu memakai masker dan pelindung wajah, mencuci tangan dgn sabun dan bersih diri. Masih orang nomor satu di Mapolres Tanjung Balai ini, untuk giat Patroli di Kantor Bawaslu Kota Tanjung Balai, situasi aman. Kantor KPU Kota Tanjung Balai, situasi aman. Kantor Walikota Tanjung Balai, situasi aman. Begitu juga di Jln Lingkar Sei Tualang Raso dan Teluk Nibung Kota Tanjung Balai, telah dipantau langsung di lokasi bahwa dari hasil pengamatan tim patroli tidak ada ditemukan gerombolan motor balap liar.

Dari hasil pantauan tim Resintel Polres dan Polsek diperoleh informasi bahwa tidak ada permainan balap liar di jalan lingkar.“Kanit Intel Polsek Teluk Nibung AIPTU SUTIKTO akan terus memantau perkembangan di jalan lingkar, jikalau ada informasi permainan balap liar maka segera dilaporkan ke Pawas,” ungkap Kapolres. (sumber : tribratanews.sumut.polri.go.id)

Jangan lewatkan..