Hari Sumpah Pemuda, Satlantas Polres Sergai Sosialisasikan AKB di Jalinsum

mediasumutku.com| SERGAI- Memaknai hari sumpah pemuda, Satuan Lalu Lintas Polres Sergai mensosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) kepada masyarakat pengguna jalan di jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Medan-Tebing Tinggi, tepatnya Simpang Tiga Pekan, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Rabu (28/10/2020).

Sosialisasi AKB ini juga dibarengi dengan operasi zebra toba 2020 dan operasi yustisi. Kasatlantas Polres Sergai, Ajun Komisaris Polisi, Agung Basuni mengatakan, sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang adaptasi kebiasaan baru.

Kepada pengendara angkutan umum, truk, mopen, petugas polisi akan menempelkan stiker yang bertuliskan” ayo pakai masker” setelah diberikan sosialisasi.

“Adaptasi kebiasaan baru ini kan menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari saat di luar ruamh seperti, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumuman. Ini untuk membantu mencegah penyebaran virus corona,”ucapnya kepada wartawan, kemarin.

Sasaran operasi zebra dan operasi Yustisi ini sendiri kata Agung, pengguna jalan yang melintas di Jalinsum Perbaungan. Selain itu juga masyarakat yang sedang melaksanakan aktivitas ditempat umum dan msyarakat yang akan menuju ke tempat wisata pantai Cermin.
“Hal ini guna melihat situasi bagi para pengendara, pengemudi dan masyarakat yang beraktivitas di tempat umum yang tidak mengunakan masker,”ujarnya.
Dikatakan Agung, selain sosialisasi AKB, pihaknya juga mensosialisasikan tertib berlalu Lintas di jalan raya, salah satunya dengan menggunakan helm SNI.

“Kita berharap, sosialiasi ini juga di sampaikan kepada Keluarga, kerabat serta lingkungan tempat tinggal demi memutus mata rantai Penyebaran Virus Corona (Covid-19) yang telah menjadi pandemi, ” ucapnya. (MS6)