Peringati HKN, Dinkes Sumut Kampanyekan 3 M

mediasumutku.com| MEDAN- Saat ini, perubahan perilaku masyarakat untuk pencegahan dan penularan Covid-19 dinilai belum efektif. Maka, melalui peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 56 tahun ini, Dinas Kesehatan Sumut, kembali mengkampanyekan 3 M yaitu, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun.

Kepala Dinas Kesehatan Sumut dr Alwi Mujahit Hasibuan mengatakan, perubahan perilaku masyarakat belum efektif, maka peringatan HKN tahun ini, apalagi dengan situasi pandemi Covid-19, kita laksanakan program 3 M dengan membagi masker dan melakilan sosialisasi pentingnya kesehatan

“Setiap tahun dilakukan refleksi peringatan HKN, apa yang sudah dilakukan. Tahun ini, karena situasi Covid-19, hampir semua kegiatan program mengalami penurunan,” katanya, Sabtu (7/11/2020).

Karenanya, diharapkan, ke depannya, bisa mendorong, menggalakkan kembali program program yang ada.

“Makanya, tema tahun ini Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat. Kita betul betul satukan langkah juga komponen masyarakat karena kesehatan menyangkut hajat hidup orang banyak,” ujarnya.

Maka itu, pihaknya menerapkan protokol kesehatan, termasuk di masyarakat yaitu 3M. Sedangkan dinas kesehatan melaksanakan Testing, Tracing dan Treatmen (3T).

“Diharapkan di masyarakat dilakukan 3 M dengan indikator terjadi perubahan perilaku yang kita harapkan juga adanya perubahan disiplin dengan Pergub/Perwal,” katanya.(MS11)