PWI Sergai Gelar Sosialisasi Prokes Covid-19

mediasumutku.com| SERGAI- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Serdang Bedagai (Sergai) bekerja sama dengan Polres Sergai dan Pemkab Sergai menggelar sosialisasi protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 di aula pantai Romantis Desa Sei Nagalawan Kecamatan Perbaungan, Sergai, Kamis (19/11/2020).
Sosialisasi prokes dirangkai dengan kegiatan bhakti sosial (baksos) melalui pembagian paket sembako kepada anak yatim
dan para wartawan terdampak Covid-19 serta pembagian masker kepada masyarakat.
Sosialisasi dihadiri Kapolres
Sergai AKBP Robin Simatupang selaku nara sumber, Kasubbag Humas Polres Sergai AKP. Sopian, Kadis Kominfo Sergai diwakili Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP) Kamal, perwakilan Dinas Kesehatan Sergai.
Ketua PWI Sergai Anwar Siregar mengatakan, selaku wartawan yang bernaung di PWI juga mempunyai tanggung jawab
moral untuk turut berperan serta menekan angka penyebaran pandemi Covid-19.
“Lewat pemberitaan sebagai upaya mengedukasi masyarakat tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan. Selain itu juga lewat sosialisasi yang dilaksanakan pada hari ini bekerja sama dengan pihak Pemkab Sergai dan Polres Sergai,” kata Anwar.
Sementara itu, Kadis Kominfo melalui Kabid PIKP Kamal menyebutkan, berdasarkan data terakhir peta sebaran Covid-19 di Kabupaten Sergai mulai tanggal 18 November 2020 jumlah positif Covid-19 sebanyak 232 orang, sembuh 180 orang, dalam perawatan di rumah sakit maupun isolasi mandiri 42 orang serta meninggal dunia 10 orang.
“Kami perwakilan Dinas Kominfo memberikan apresiasi kepada
PWI Sergai yang menggelar sosialisasi prokes Perbub nomor 35 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendaliam Covid-19,” ungkapnya.

Kapolres AKBP Robin Simatupang dalam paparanya mengatakan, sudah hampir satu tahun pandemi Covid-19 namun belum ada tanda-tanda berakhir, sehingga masih tetap menjadi perhatian semua pihak dari Pemerintah Pusat sampai ke Pemkab termasuk di Sergai. Begitu juga terkait vaksin Covid-19 yang belum tersedia.

“Tapi, diperkirakan awal 2021 vaksin bisa digunakan masyarakat secara bertahap. Sebelum ada vaksin kita berupaya menurunkan angka penyebaran Covid-19, salah satu caranya dengan sosialisasi yang dilaksanakan PWI Sergai ini, sehingga bisa mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat melalui pemberitaan. Itulah fungsi media yang turut berperan terhadap memutus mata rantai penyebaran Covid-19”, papar AKBP Robin Simatupang.
Jumlah kasus Covid-19 kata Kapolres, bisa diturunkan dengan bekerja keras dan peran aktif dari seluruh pihak.

“Salah satunya dengan mensosialisasikan protokol kesehatan, sehingga kedepan Sergai terbebas dari Covid-19. Kedepan Polres Sergai bekerja sama dengan semua pihak di Kabupaten Sergai termasuk dengan PWI Sergai”, pungkas AKBP Robin Simatupang.
Acara diakhiri penyerahan bingkisan dari Kapolres Sergai kepada wartawan terdampak Covid-19 sebanyak 30 paket. (MS6)