Maulid Nabi Muhammad SAW, Momentum Teladani Akhlak Rasulullah

mediasumutku.com | ASAHAN – Mulianya akhlak Rasulullah Muhammad SAW yang sangat menghargai setiap orang, bukan hanya keluarga dan sahabat serta pengikutnya, semestinya menjadi semangat bagi setiap orang, terutama mahasiswa untuk meneladaninya.

“Hal itulah yang menjadi momentum pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Namun, kepada semua manusia, sebagai umat beliau kita wajib mengikuti dan meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW,” kata Dekan FKIP UNA Dr. Ely Ezir, M.S dalam sambutannya pada acara Maulid Nabi SAW di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Asahan (UNA), Kamis (19/11/2020).

Maulid Nabi yang digelar di aula kampus setempat, mengusung tema ”Mendalami Akhlak Rasulullah SAW dan Menjaga Akidah serta Ukhuwah Islamiah”.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para Wakil Dekan, Kepala Lembaga dan Dosen serta Pegawai FKIP UNA.

Menurutnya, peringatan maulid ini merupakan ajang muhasabah dan introspeksi diri umat Islam akan Rasulullah sebagai pemimpin juga kekasih Allah SWT.

“Peringatan maulid ini bagian dari menghidupkan syiar agama Islam, sebab Islam besar melalui perjuangan dan pengorbanan Nabi Muhammad SAW bersama sahabat,” ujarnya.

Sementara itu, dalam tausyiahnya, Ustadz H. Nurul Islam, M.A menjelaskan, bagaimana sikap kesederhanaan rasullah dalam kehidupan sehari harinya. Ia menceritakan jika rasullah tidur pun hanya menggunakan alas kulit kambing yang diisi dengan daun daun kurma.

Sosok Nabi Muhammad SAW adalah suri teladan bagi setiap manusia. Beliau memiliki akhlak dan karakter yang baik sehingga pantas dijadikan panutan bagi umat Islam

“Jatuh bangun kehidupan pernah dirasakannya. Mulai dari merasakan hidup miskin, lalu berkecukupan. Meski demikian, hidup yang dipilih Nabi Muhammad sangatlah bersahaja,” katanya.

Kesederhanaan Nabi Muhammad SAW juga ditunjukkan ketika dirinya tak berat hati memberikan apa pun yang masih dimilikinya kepada orang lain.

“Dari semua bentuk kesederhanaan Nabi Muhammad SAW, beliau jelas mengajarkan kita semua untuk selalu merasa cukup dengan apa yang telah kita miliki dan selalu bersyukur untuk semuanya. Beliau juga memberitahu kita semua untuk tidak melupakan kehidupan akhirat ketika sibuk mengejar duniawi,” katanya.

Kegiatan pergelaran peringantan Maulid Nabi Muhammad SAW ini biasa digelar di setiap tahunnya di Kampus FKIP UNA. Kali ini acara di gelar di masa pandemi Covid 19 dengan tujuan positif memotivasi para peserta untuk meningkatkan Imam dan Taqwa pada masa pandemi covid 19.(MS10)