Awal Pekan, Rupiah dan IHSG di Zona Hijau

mediasumutku.com| MEDAN- Mengawali perdagangan pekan ini. Kinerja IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) dan rupiah berada di zona hijau. Dimana, IHSG dibuka menguat di level 5.583,33 atau naik 0.21%. Sementara itu, mata uang rupiah dibuka menguat tipis di level 14.162 per US Dollar.

Analis Keuangan Sumut, Gunawan Benjamin menyebutkan, kinerja IHSG dan rupiah meskipun sama-sama menguat, namun penguatannya tidak terlalu jauh dibandingkan dengan penutupan perdagangan akhir pekan kemarin.

“Yang berarti pasar keuangan di awal pekan ini masih bergerak stabil dengan kecenderungan sedikit diatas penutupan perdagangan sebelumnya. Baik IHSG dan Rupiah sama sama berpeluang untuk bergerak dua arah. Sekalipun sentimen pasar pada pekan ini diyakini tidak akan memberikan tekanan signifikan bagi pasar keuangan secara keseluruhan,” katanya kepada wartawan, Senin (23/11/2020).

Dia mengatakan, IHSG akan berkonsolidasi dikisaran 5.600. Sementara Rupiah masih akan berada dalam rentang 14.150 hingga 14.200 sementara ini. Sekalipun rupiah sejauh ini sudah berada di kisaran 14.160, namun ruang gerak Rupiah untuk menguat di bawah 14.150 terbilang cukup sulit untuk hari ini.

“Sentimen pasar yang berkembang di awal pekan ini adalah penyebaran covid 19 yang kian meningkat di sejumlah negara di dunia,”katanya.

Terlebih menjelang akhir tahun dimana musim dingin diyakini sebagai musim yang paling mudah bagi covid 19 untuk menular ke manusia lainnya. Meski demikian pasar keuangan domestik belum bergitu terdampak dengan buruknya penyebaran covid 19 tersebut.(MS11)