Ribuan Rumah Warga Sergai Terendam Banjir

mediasumutku.com| SERGAI- Seribuan rumah warga di lima Desa di Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, terendam banjir dengan kedalaman air mencapai 50 centimeter hingga satu meter.
Adapun lokasi banjir yakni, Desa Sei Rampah, Desa Cempedak Lobang, Desa Pematang Ganjang, Desa Sei Rejo dan Desa Firdaus
Selasa.
Banjir terjadi akibat luapan sungai Bedagai yang melintasi Desa Sei Rampah yang dipicu tingginya curah hujan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir.
Kepala Desa Sei Rampah Munajat mengatakan, untuk data sementara rumah warga yang terendam banjir sebanyak 542 rumah dengan kedalaman air mencapai satu meter, sedangkan banjir yang masuk kedalam rumah ada yang mencapai 50 centi meter.
“Banjir mulai menggenangi rumah warga sejak dua hari terakhir di Dusun II, II, III, IV dan VII serta Dusun VIII , namun banjir makin meluas sejak, Senin (23/11) malam,” kata Munajad.
Menurut Munajad, banjir terjadi akibat tingginya curah hujan, sehingga air sungai Bedagai meluap. Hingga saat ini sudah ada beberapa warga yang mengungsi ke rumah keluarga maupun tetangganya.
Sementara data yang telah diserahkan ke pihak Kecamatan
Sei Rampah, kedalaman banjir dikhawatirkan akan bertambah mengingat hujan masih terus turun.”ungkap Munajad.
Sementara itu,Camat Sei Rampah Nasaruddin kepada wartawan menuturkan, banjir akibat tingginya curah hujan dalam beberapa hari terakhir diperparah air laut sedang pasang mengakibatkan banjir di lima Desa di Kecamatan Sei Rampah.
“Dari total lima Desa tersebut, Desa Sei Rampah, Cempedak Lobang, Pematang Ganjang, Sei Rejo dan Desa Firdaus data sementara sebanyak 1.598 rumah dengan kedalaman air tertinggi didalam.rumah sekitar 50 centi meter”, terang Nasaruddin.
Menurut Camat, pihak Pemkab Sergai melalui. BPBD Sergai telah menyakurkan bantuan bahan sembako ke kantor Desa Sei Rampah untuk persiapan dapur umum. (MS6)