Rektor USU Yang Baru Akan Ditentukan 3 Desember 2020

mediasumutku.com|MEDAN-Setelah menyelesaikan tahap audisi pada 24 November 2020 yang lalu, empat calon rektor Universitas Sumatera Utara (USU) yang ikut dalam kontestasi pemilihan rektor periode 2021-2026 kemudian memasuki tahap penyaringan melalui rapat senat akademik USU, di ruang senat akademik USU, Kamis (26/11/2020).

Adapun empat calon rektor tersebut yakni, Prof. Dr. dr. Farhat, M.Ked (ORL-HNS), Sp.THT-KL(K), Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si, Prof. Dr. M. Arif Nasution, MA dan Dr. Restu Utama Pencawan, SH, M.Pd.

Rektor USU, Prof Runtung Sitepu menyebutkan, dari hasil penyaringan yang dilaksanakan oleh Senat Akademik USU, Prof. Dr. dr. Farhat, M.Ked (ORL-HNS), Sp.THT-KL(K) memperoleh 52 suara, Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si memperoleh 37 suara dan Prof. Dr. M. Arif Nasution memperoleh 11 suara. Sedangkan Dr. Restu Utama Pencawan, SH, M.Pd tidak memperoleh suara.

“Ada 101 jumlah anggota senat akademik USU. Tapi, dari 101 orang itu, yang hadir 100 orang dan hanya 1 orang yang tidak bisa hadir, dikarenakan sakit atas nama Fery Sitepu. Menurut informasi, yang bersangkutan sedang menderita penyakit serius dan dirawat di RS Elisabeth, Medan,” kata Runtung Sitepu saat temu pers dengan wartawan di kantor Biro Rektor USU, Kamis (26/11/2020).

Disebutkan Runtung, jika tidak ada halangan, maka sesuai dengan jadwal yang sudah diatur oleh Majelis Wali Amanat (MWA) USU, maka akan dilakukan pemilihan rektor USU periode 2021-2026 pada 3 Desember 2020 mendatang di Jakarta.

“Sesuai aturan yang berlaku yakni, statuta USU, Peraturan Pemerintah Nomor 16 tahun 2014 dan aturan MWA Nomor 16 tahun 2016, nama yang dikirim adalah urutan pertama sampai dengan ketiga. Oleh karena itu, yang akan kita kirim ada tiga nama yaitu, Prof. Dr. dr. Farhat, M.Ked (ORL-HNS), Sp.THT-KL(K) Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si dan Prof. Dr. M. Arif Nasution. Kita berharap, semuanya berjalan sesuai dengan jadwal. Dengan begitu, setelah tanggal 3 Desember nanti, sudah ada rektor USU yang terpilih untuk menggantikan saya,” ujarnya.

Menurut Runtung, pemilihan rektor USU ini merupakan bagian dari kesuksesan pimpinan USU periode 2016-2021 yang bisa mengantarkan penggantinya sebelum tanggal dia mengakhiri jabatannya dalam keadaan damai tanpa sengketa.

“Ini merupakan rangkaian pekerjaan yang kami lakukan dari 21 Januari 2016 dulu sampai nanti 21 tanggal 21 Januari 2021. Hal ini perlu kita sampaikan kepada masyarakat Sumatera Utara dalam rangka untuk pertanggungjawaban publik kami sebagai pihak yang diberi amanah dan seluruh aspek. Dan, sampai dengan hari ini tidak pernah ada sedikitpun menukik, tapi terus naik dari berbagai aspek,”pungkasnya. (MS7/foto:ist)