Satu Jam Diguyur Hujan, Banjir Rendam Pertokoan di Pusat Kota Kisaran

mediasumutku.com | ASAHAN-Satu jam diguyur hujan lebat di Kisaran dan sekitarnya, membuat sejumlah jalan di pusat kota Kisaran, tepatnya di sekitar kawasan perkotaan Cokro Aminoto dan Imam Bonjol tergenang banjir dengan ketinggian sekitar 40 centimeter, Sabtu (28/11/2020) malam.

Akibatnya, beberapa rumah toko (ruko) kemasukan air banjir di seputar kawasan tersebut. Beberapa sepedamotor yang terparkir di sekitar pelataran toko juga ikut terendam banjir hampir separuh kenderaan mereka.

Buruknya saluran drainase aliran pembuangan di kawasan perkotaan tersebut ditenggarai menjadi penyebab banjir yang kerap datang di musim penghujan itu. Meski genangan air hanya sementara dan seketika surut ketika hujan beberapa jam berhenti, namun kondisi itu cukup menyusahkan warga.

“Ya, kalau hujan lebat saja memang daerah ini sudah begini (banjir). Saya tak berani jalan bawa sepedamotor takut mati di tengah jalan,” kata Saiful salah seorang pengendara motor yang terpaksa rela menunggu beberapa jam demi menunggu hujan reda dan air surut.

Amatan wartawan, beberapa toko, cafe dan warung kopi di kawasan pusat kota Kisaran tersebut terpaksa harus menutup usaha mereka lebih awal karena hujan masih lebat. Demikian dengan lapak pedagang kaki lima di sekitarnya guna mengantisipasi dampak banjir meluas. (MS10)