Pangdam I/BB Semangati Korban Banjir di Medan Dan Deli Serdang

mediasumutku.com | MEDAN – Pangdam I/BB, Mayjen TNI Hassanudin, SIP, MM, tidak hanya melihat langsung dampak banjir yang meluluhlantakkan pemukiman warga di Kabupaten Deliserdang dan Kota Medan, Pangdam juga memotivasi para korban untuk tetap semangat dan jangan menyerah dengan kondisi yang ada.

Pangdam I/BB menyampaikan hal itu saat menyambangi para korban banjir di Kompleks Perumahan De Flamboyan, Desa Tj Selamat, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deliserdang, dan Kompleks Perumahan Griya Nusa Tiga, Kelurahan Tj Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan, Minggu (6/12/2020).

“Bencana ini adalah ujian dari Tuhan agar kita lebih kuat lagi dalam menghadapi segala kesulitan-kesulitan hidup di masa depan. Karenanya saya pesan agar tetap semangat dan jangan mudah menyerah dengan keadaan yang ada,” ucap Pangdam di tempat pengungsian sementara di Balai Desa Tj Selamat.

Pangdam menegaskan, pihak TNI-Polri dari Kodam I/BB dan Polda Sumut bersama pemerintah daerah akan terus memberikan dukungan untuk langkah rekonstruksi pasca bencana banjir ini.

Namun sebelum hal ini dilakukan, Pangdam memastikan bahwa pihak TNI-Polri bersama pemerintah daerah akan fokus lebih dulu kepada pemenuhan kebutuhan dasar para korban. Seperti makanan, minuman, obat-obatan dan pakaian.

“Ini target pertama kita dalam langkah tanggap bencana ini, sehingga para korban semuanya akan tetap tenang dan bisa melupakan peristiwa kelabu yang baru saja dialami,” kata Pangdam.

Setelah pemenuhan kebutuhan dasar ini selesai, lanjut Pangdam, barulah langkah rehab dan rekonstruksi lokasi bencana dilakukan.

Karenanya warga tidak perlu terlalu merisaukan hal-hal diluar kesehatan dan keselamatannya.

“Itu urusan pemerintah sebagai bentuk tanggung jawab kepada warga sebagai rakyatnya,” tegas Pangdam.

Hal lain yang tidak kalah penting disampaikan Pangdam kepada para korban bencana, adalah penerapan disiplin Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19.

Menurut Pangdam, adanya bencana banjir ini diharapkan tidak sampai membuat warga lengah akan kondisi kesehatan dan keselamatan jiwanya.

“Tetap pakai masker, istirahat yang cukup, dan bila merasa kurang sehat, segera melapor kepada petugas kesehatan yang bersiaga. Ini penting untuk menjadi perhatian, sehingga tidak muncul klaster baru Covid-19 di tengah para korban yang ada di pengungsian sementara ini,” pungkas Pangdam.

Pangdam yang berkeliling dengan jalan kaki di tengah kubangan lumpur sisa banjir di Kompleks Perumahan De Flamboyan, terus menyemangati setiap korban yang ditemui.

“Tetap berdoa bapak dan ibu. Pada saatnya nanti, semuanya akan menjadi lebih indah. Yakinlah, Tuhan tidak akan memberi cobaan di luar batas kemampuan hambanya,” ungkap Pangdam.

Lepas dari Kompleks Perumahan De Flamboyan, Pangdam kembali menyambangi para korban banjir di Kompleks Perumahan Griya Nusa Tiga, Kelurahan Tj Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan.

Di sini, kembali Pangdam mengingatkan para korban untuk menghibur diri dengan tidak terlalu merisaukan apa yang barusan terjadi.

“Bapak dan ibu semuanya tidak sendirian dalam menghadapi musibah ini. Masih ada kami (TNI-Polri dan pemerintah) yang siap memberikan bantuan,” ucap Pangdam.

Selain melihat langsung dampak banjir di dua kompleks perumahan ini, Pangdam juga menyempatkan diri untuk meninjau dapur umum yang dibuka di Markas Raimer B Yonarhanud 11/WBY.

Di sini, Pangdam kembali memberi motivasi kepada Prajurit bersama relawan yang bekerja menyiapakan kebutuhan makan para pengungsi, untuk bekerja dengan tulus dan ikhlas.

“Apa yang kalian lakukan akan menjadi catatan sejarah dalam kehidupan di masa mendatang. Karenanya, tanamkan tekad dalam hati untuk memberikan darma bakti terbaik kepada sesama manusia yang membutuhkan pertolongan,” ucap Pangdam.

Dalam rangkaian kegiatan peninjauan ini, Pangdam yang didampingi Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin berkesempatan memberikan bantuan sembako secara simbolis kepada para korban bencana banjir.

Pangdam berharap, bantuan ini bisa sedikit meringankan beban penderitaan yang dialami warga korban banjir, sehingga nantinya bisa kembali bangkit untuk menata kehidupan hari esok yang lebih baik.

Turut mendampingi Pangdam dalam rangkaian kegiatan ini, antara lain Aster Kasdam I/BB, Asintel Kasdam I/BB dan sejumlah PJU Kodam I/BB lainnya, Dandim 0204/Deliserdang, Dandim 0201/BS, Kepala BPBD Pemprovsu, dan pihak terkait lainnya.