530 Personil Gabungan Akan Amankan Pilkada Sergai

mediasumutku.com|SERGAI– Polres Serdang Bedagai melibatkan 530 personil gabungan dalam pergeseran pasukan (Serpas) untuk pengamanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020 di Kabupaten Serdang Bedagai.

“Kita bersyukur diberikan kesehatan, sehingga bisa melaksanakan apel pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan tahap pemungutan dan penghitungan suara di TPS pada Pilkada Kabupaten Serdang Bedagai Tahun 2020 di 12 Kecamatan, 171 Desa, 6 kelurahan dan di 1.124 TPS di Wilayah hukum Polres Sergai,” sebut Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang saat memimpin apel pergeseran pasukan (Serpas) di halaman Mapolres, Selasa (8/12/2020).

Dalam pengamanan pilkada serentak ini sebut AKBP Robin, pihaknya melibatkan kekuatan personel sebanyak 530 orang terdiri dari unsur pimpinan dan staf 18 orang, unsur pelaksana 352 orang, BKO Brimob Polda Sumut 60 orang, personel TNI Kodim 0204 Deli Serdang sebanyak 100 orang.
“KPUD Kabupaten Sergai telah menyiapkan 1.124 lokasi TPS di 12 Kecamatan dan 177 desa kelurahan untuk wilayah hukum Polres Sergai. Untuk itu, Polres Sergai sudah membuat pola pengelompokan pengamanan TPS sesuai tingkat kerawanannya yaitu, pola aman sebanyak 1.104 TPS, pola rawan sebanyak 12 TPS dan pola sangat rawan sebanyak 8 TPS. Namun, yang dikategorikan rawan dan sangat rawan bukankah dari sisi Kamtibmas ataupun konflik sosial akan tetapi adalah karena faktor geografi,” jelasnya.
Untuk itu, Kapolres meminta, agar seluruh personel PAM TPS dapat menguasai dan mengenali lingkungan TPSnya masing-masing dan segera melakukan koordinasi dengan para petugas PPS di tingkat desa dan para KPPS di masing-masing TPS untuk menjalin kerjasama.

Kepada seluruh personel PAM Kapolres juga meminta, agar tetap menerapkan protokol kesehatan di TPS.
“Lakukan pengawalan dan pengamanan terhadap logistik Pilkada. Kita harap juga personil PAM menghimbau warga untuk ikuti protokol kesehatan dan menggunakan hak pilihnya,”ujarnya.

Khusus kepada personel Brimob Polda Sumut dan TNI Kodim 0204 tambah Kapolres Sergai, AKBP Robin Simatupang, agar senantiasa melakukan kegiatan dan tindakan preventif berupa patroli dan sewaktu-waktu dapat digerakkan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan situasi. (MS6)