Ini Prestasi Yang Diraih USU Selama Dipimpin Runtung

mediasumutku.com|MEDAN-Rektor Universitas Sumatera Utara (USU), Prof Runtung Sitepu menyampaikan sejumlah prestasi yang diraih USU pada acara wisuda yang digelar secara daring, Senin (21/12/2020).

Diantaranya, USU telah meraih akreditasi A (unggul) pada Februari 2018 lalu. Kemudian, USU telah telah berhasil masuk dalam Klaster 1 Pemeringkatan Perguruan Tinggi Non Vokasi yang dilakukan oleh Kemendikbud pada bulan Agustus 2019 dan menduduki peringkat ke-13. Pencapaian tersebut berhasil dipertahankan USU pada Agustus 2020 yang lalu, dengan tetap berada peringkat ke-13.

“Alhamdulillah, kabar yang menggembirakan juga telah kita dapatkan untuk menutup tahun 2020 ini dengan manis, yaitu , pada 25 November lalu Universitas Sumatera Utara dinyatakan masuk ke peringkat 501-550 QS Asia University Ranking. Ini merupakan pencapaian yang membahagiakan bagi kita semua, mengingat kerja sama dan kerja keras yang dilakukan oleh seluruh civitas akademika USU selama beberapa waktu terakhir untuk masuk dalam sistem pemeringkatan internasional tersebut telah sangat maksimal,” sebut Runtung.

Prestasi lainnya yang dicapai USU lanjutnya, dua orang dosen peneliti USU masuk ke dalam kategori penilaian dua persen ilmuwan paling berpengaruh di dunia versi Stanford University. Keduanya adalah Prof. Dr. Eng. Himsar Ambarita, ST., MT dan Prof Drs Mahyuddin KM Nasution, MIT, Ph D.

“Universitas Sumatera Utara juga berhasil memperbaiki posisinya dalam pemeringkatan UI GreenMetric World University Ranking 2020 dengan naik ke peringkat 11 perguruan tinggi berkelanjutan terbaik di Indonesia, dari sebelumnya di tahun 2019 Universitas Sumatera Utara masih berada pada peringkat ke-14. Di ajang ini, Universitas Sumatera Utara juga berhasil meraih penghargaan sebagai The Most Active University in UI GreenMetric World University Rankings Network – Indonesia,” bebernya.

Kinerja di bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat kata Runtung, juga mengalami peningkatan. Di bidang penelitian, pada tahun 2019 lalu, Lembaga Penelitian USU berhasil memperbaiki peringkatnya dari peringkat 51 pada tiga tahun sebelumnya menjadi peringkat 15, dan mendapatkan predikat Lembaga Penelitian Mandiri. Pada tahun 2020 ini Lembaga Penelitian Universitas Sumatera Utara juga berhasil melompat ke peringkat 5 dan mempertahankan predikat Lembaga Penelitian Mandiri.

“Lonjakan besar diraih oleh Lembaga Pengabdian Masyarakat USU pada 2019, yang memperbaiki peringkatnya dari posisi 52 menjadi peringkat 7. Kemudian, pada tanggal 27 Mei 2020 yang lalu Menristek-BRIN mengumumkan pemeringkatan Science and Technology Index (SINTA) di mana USU berada di peringkat 5 setelah UI, UGM, ITB dan IPB, di mana posisi ini belum pernah dicapai sebelumnya. Dari pengumuman ini diumumkan juga bahwa 22 orang dosen USU berhasil masuk ke dalam 500 peneliti terbaik versi SINTA, dan menempatkan Prof Dr Basyuni, dosen Fakultas Kehutanan USU, pada peringkat ke-14,”ucapnya.

Pemeringkatan lainnya sambungnya pemeringkatan berdasarkan jumlah publikasi ilmiah pada Jurnal Internasional Terindex Scopus. Dimana, pada tahun 2020 ini USU masih tetap berada pada peringkat 10 di luar Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan jumlah publikasi sebanyak 5.646 artikel.

“Dalam pemeringkatan Webometric, USU mengalami kenaikan peringkat di tingkat dunia, dari sebelumnya berada di posisi 1.872 pada Januari 2020 menjadi peringkat 1.575 di bulan Juli 2020. Sementara dalam peringkat Webometrics di Indonesia USU masih tetap berada pada posisi ke-8,” sebutnya.

Hingga Oktober 2020 tambahnya, USU telah memiliki 15 fakultas dan 1 Sekolah Pascasarjana, dengan 160 Program Studi di mana 70 program studi telah memiliki akreditasi A, 79 program studi berakreditasi B sementara sisanya masih akan terus didorong dan diupayakan untuk sesegera mungkin mendapatkan akreditasi A dan B.

“Kemudian, untuk mendukung terciptanya SDM unggul dan andal, pada tahun akademik 2020/2021, USU juga telah menambah 6 Prodi baru, yaitu; Profesi Arsitek, Magister Kehutanan, Subspesialis/Sp.2 Ilmu Penyakit Dalam, Magister Administrasi Publik, Magister Sains Data dan Kecerdasan Buatan, dan Program Doktor Ilmu Komunikasi,”ujarnya.

Untuk perolehan prestasi mahasiswa di tingkat nasional sepanjang 2020, menurutnya, USU juga berhasil mengukir prestasi melalui mahasiswa-mahasiswi terbaiknya dengan meraih 28 medali emas, 12 medali perak dan 13 medali perunggu dalam berbagai bidang perlombaan yang digelar. Sementara pada perlombaan internasional yang diikuti sepanjang 2020, Universitas Sumatera Utara berhasil meraih 3 medali emas, 1 medali perak dan 1 medali perunggu.

“Semua prestasi dan capaian Universitas Sumatera Utara ini merupakan hasil kerja keras dan dukungan dari seluruh unsur sivitas akademika, dosen dan mahasiswa, serta tenaga kependidikan USU. Tidak terlepas pula dari dukungan pendanaan yang diberikan Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kemenristek-BRIN, serta Kementerian lain yang terkait, Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Utara serta Dunia Usaha baik BUMN maupun swasta,” pungkasnya. (ms7/foto:ist)