Perayaan Nataru, Masyarakat Diimbau Patuhi Protokol Kesehatan

mediasumutku.com|MEDAN- Pemerintah Kota Medan siap mendukung dan bersinergi guna melakukan pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021. Dengan harapan, Kota Medan senantiasa dalam suasana yang aman, nyaman, kondusif dan terkendali.

“Pemko Medan siap mendukung jalannya Operasi Lilin Toba 2020. Tujuan kita semua agar masyarakat dapat merasa aman dan nyaman selama perayaan Hari Natal dan Tahun Baru 2021,” kata Asisten Administrasi Umum (Asmum) sekaligus Plt Asisten Pemerintahan (Aspem) Kota Medan Renward Parapat didampingi sejumlah pimpinan OPD usai mengikuti apel gelar pasukan Operasi Lilin Toba 2020 di Mapolrestas Medan, jalan HM Said Medan, Senin (21/12/2020)

Selanjutnya, di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang masih melanda Kota Medan, Renward mengimbau, umat Kristiani agar melaksanakan ibadah Natal dengan berpedoman pada Surat Edaran Kementerian Agama (Kemenag) RI No.23/2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Ibadah dan Perayaan Natal di Masa Pandemi Covid-19.

“Kita berharap perayaan Hari Natal dengan tetap berpedoman pada surat edaran Kemenag RI. Selain itu, masyarakat juga diminita untuk tidak berkerumun pada malam pergantian tahun guna mencegah diri dan orang lain dari kemungkinan terjadinya penularan Covid-19. Tujuannya adalah mencegah adanya klaster baru. Maka dari itu tetap patuhi protokol kesehatan,” ujarnya.

Apel gelar pasukan yang dipimpin Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko Sunarko ini dilakukan dalam rangka memberikan pengamanan dan kenyamanan bagi masyarakat dalam merayakan Hari Natal dan Tahun Baru 2021 pada kondisi pandemi Corona Virus Disease 2019 (2019) di wilayah hukum Polrestabes Medan.

Adapun personil apel gelar pasukan diikuti dari unsur TNI-Polri, OPD di lingkungan Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdamg seperti Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran (P2K), BPBD, Dinas Kesehatan (Dinkes), Basarnas, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat. Lalu, penyematan pita merah oleh Kapolrestabes kepada tiga orang personil menjadi tanda dimulainya Operasi Lilin Toba 2020.

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko Sunarko dalam amanat Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis yang dibacakan, mengungkapkan, apel gelar pasukan dilakukan sebagai bentuk persiapan akhir dalam rangkas Operasi Lilin Toba 2020. Persiapan, lanjut Kapolrestabes, meliputi sarana dan prasarana.

“Operasi Lilin Toba 2020 ini akan berlangsung selama 15 hari mulai 21 Desember hingga 4 Januari 2021. Kepada seluruh personil hendaknya menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab, senantiasa berkoordinasi serta laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis. Jadilah teladan bagi keluarga, rekan dan masyarakat,” kata Kapolrestabes.(MS7/foto:ist)