Tim Polmed Beri Pelatihan Pembukuan Keuangan Bagi BUMDes di Desa Penggalangan  

mediasumutku|MEDAN-Sebagai salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan perekenomian masyarakat desa, maka sejak tahun 2015 pemerintah melakukan pembentukan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) pada desa-desa di seluruh Indonesia. Dengan adanya BUMDes ini diharapkan kesejahteraan desa dapat meingkat, kesenjangan pembangunan antara pedesaan dengan perkotaan juga dapat diperkecil.

Oleh karena itu, tim PMDB (Pengabdian Masyarakat Desa Binaan) Politeknik Negeri Medan yang diketuai oleh Rina Walmiaty Mardi yang beranggotakan Rini Indahwati, Nurlinda dan Asmalidar menggelar pelatihan pembukuan keuangan untuk BUMDes di Desa Penggalangan Kecamatan Sei Bamban Kabupaten Serdang Bedagai.

“Pelatihan ini merupakan kegiatan tri dharma Perguruan Tinggi dalam bentuk pengabdian masyarakat yang kami lakukan pada19 Desember 2020 lalu. Desa Penggalangan ini merupakan salah satu Desa Binaan unit P3M (Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) Politeknik Negeri Medan,” sebut Ketua Tim, Rina Walmiaty Mardi, kemarin.

Menurut Rina, dalam pelaksanaan BUMDe, salah satu hal yang sering menjadi kendala adalah kemampuan pengelola dalam melakukan pengelolaan akuntansi. Sementara, hal ini mutlak dibutuhkan, terlebih lagi dana BUMDes berasal dari negara yang tentunya harus dipertanggungjawabkan sesuai aturan yang berlaku.

“Karenanya, tim PMDB Polmed memberikan pelatihan secara mendasar kepada pengelola BUMDes agar mampu menyusun laporan keuangan sesuai aturan yang berlaku mulai dari transaksi hingga pencatatan kedalam laporan keuangan,” jelasnya.

Dikatakannya, pelatihan yang diikuti oleh para pengelola BUMDes ini mendapat atensi dari para peserta.

“Mereka sangat antusias memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar cara membuat pembukuan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pelatihan yang dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan mendapat sambutan yang baik dari Kepala Desa Penggalangan,” ujarnya.

Lurah Desa Penggalangan, Hasan Basri, menyambut baik kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan tim Polmed. Dia berharap, agar kegiatan tersebut dapat dilanjutkan pada waktu-waktu mendatang sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Penggalangan. (MS7)