Dikecam, Akun Youtube dari Malaysia Parodikan Lagu Indonesia Raya

mediasumutku.com | JAKARTA – Sebuah akun Youtube bernama My Asean yang diduga kuat berasal dan dimiliki warga dari Malaysia memparodikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan telah beredar sejak dua pekan lalu. Meski demikian, penelusuran mediasumutku.com pada Senin (28/12/2020) postingan tersebut telah dihapus.

Menanggapi beredarnya video itu, Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta mengecam keras video parodi lagu Indonesia Raya. Video tersebut diduga menimbulkan provokasi dan mengancam memengaruhi hubungan Malaysia dengan Indonesia.

“Jika video itu terbukti diunggah oleh warga negara Malaysia, tindakan tegas akan diambil berdasarkan hukum yang ada,” ujar Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta melalui sebuah pernyataan.

Dalam video tersebut, lirik lagu Indonesia Raya sudah diubah total. Selain itu, video itu mengganti lambang negara burung Garuda dengan ayam jago dengan latar belakang bendera Merah Putih. Koordinator Fungsi Pensosboed KBRI Kuala Lumpur Yoshi Iskandar mengimbau agar rakyat Indonesia menahan diri.

“Kita minta sama-sama menahan diri. Tentunya ini kan lagu kebangsaan kita, sangat kita hormati sebagai lagu kebangsaan, tapi di satu sisi kita juga harus melihat jika ini direspons (otoritas Malaysia) dengan cepat, kita beri apresiasi,” ujar Yoshi.

Dia turut meminta agar masyarakat Indonesia dapat melihat hal itu dalam prosedur koridor kerangka hukum setempat yang tengah dijalankan. Yoshi menjelaskan, pihak KBRI Malaysia telah melaporkan parodi lagu Indonesia Raya tersebut ke pihak berwajib Malaysia yakni Polisi Diraja Malaysia (PDRM). (MS10)