Kompolnas Segera Kirim Nama Calon Kapolri ke Jokowi

mediasumutku.com | JAKARTA – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyatakan, dalam waktu dekat akan mengirimkan sejumlah nama jenderal polisi sebagai calon Kapolri, ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menjelang pergantian tahun, masa kepemimpinan Idham Azis sebagai Kapolri akan semakin mendekati pensiun. Ia akan pensiun sekira bulan Februari 2021.

“Dalam waktu dekat akan kami (Kompolnas) sampaikan nama-nama calon Kapolri kepada Bapak Presiden,” kata Komisioner Kompolnas Poengky Indarti seperti dilansir dari Okezone, Jakarta, Sabtu (26/12/2020).

Kendati begitu, Kompolnas menyebut sampai saat ini pihaknya masih terus menyaring sosok-sosok perwira tinggi Polri yang dinilai layak menggantikan Jenderal Idham Azis.

“Belum. Kami sedang menyaring,” ujar Poengky.

Penyaringan tersebut berdasarkan kriteria pasal 11 ayat (6) UU nomor 2 tahun 2002 dan menyandingkan dengan kriteria masukan hasil Focus Group Discussion (FGD) dengan internal Polri yang diwakili alumni Akpol lintas generasi, tokoh-tokoh masyarakat.

“Dan Purnawirawan Polri yang diwakili oleh Kapolri dan Wakapolri pada masanya, dan melihat prestasi, rekam jejak serta integritas calon yang ada,” ucap Poengky.