Ini 10 Kegiatan BNNK Sergai Sepanjang Tahun 2020

mediasumutku.com| SERGAI- Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Serdang Bedagai,memaparkan ada 10 item kegiatan yang dilaksanakan selama tahun 2020.

Kepala BNNK Sergai, AKBP Drs Safwan Khayat, adapun 10 item kegiatan BNNK Serdang Bedagai yakni, pertama melaksanakan kegiatan sosialisasi berupa talkshow kepada beberapa media. Baik media Siber, radio, media cetak, televisi dan media luar ruang hingga kampanye pergelaran seni.
“Giat sosialisasi DIPA BNNK Sergai berhasil melaksanakan 24 kegiatan. Sedangkan kegiatan Sosialisasi Non DIPA BNNK Sergai juga melaksanakan tatap muka dan sosilisasi melalui radio, BNNK Sergai juga berhasil melaksanakan 23 kegiatan,”sebut AKBP Safwan kepada mediasumutku.com di ruang kerjanya, Selasa (29/12/2020).
Kedua sebutnya, BNNK Sergai berhasil membentuk penggiat peran serta masyarakat (PSM) pada 4 instansi yaitu, instansi pemerintah, pendidikan, swasta dan masyarakat guna mendorong tercapainya program P4GN (Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika) serta membentuk 80 penggiat.
Ketiga, BNNK Sergai melaksanakan kegiatan P4GN dan membentuk 3 kebijakan pada dukungan pendidikan dan masyarakat dan terbentuk 30 relawan P4GN. Selanjutnya, keempat BNNK Sergai berhasil melakukan pembentukan tim terpadu sesuai premendagri 12 tahun 2019 tentang pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika(P4GN).
“Kelima, BNNK Sergai juga berhasil menciptakan program Desa Bersih Narkoba (Bersinar) yang menjadi pilot project tahun 2020 dan berdasarkan kerawanan penyalahgunaan dan peredaran narkoba yakni, di Desa Nagur, Kecamatan Tanjung Beringgin dan Desa Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkudu yang berhasil membentuk dan melantik 20 relawan anti narkoba di masing-masing Desa,”sebut AKBP Safwan.
Keenam, lanjutnya, BNNK Sergai juga berhasil melaksanakan program Rehablitas dengan melakukan 22 orang dengan Rehablitas rawat inap dan 40 orang Rehablitas rawat jalan bagi pencandu narkoba.
Ketujuh, BNNK kembali berhasil membentuk dan melantik 10 kader Pemulihan Berbasis Masyarakat (PBM), 5 orang kader Agen Pemulihan (AP) dan 20 orang Klien Pasca Rehablitas (KPR).
“Kedelapan, BNNK berhasil juga menciptakan lokasi instansi Berbasis Masyarakat(IBM) di 2 Desa (Pilot Project) yakni, Desa Nagur dan Desa Pekan Tanjung Beringin, Kecamatan Tanjung Beringgin. Kesembilan, BNNK Sergai juga berhasil melakukan pemberantasan peredaran gelap narkotika pada 3 LKN dari 6 tersangka dengan barang bukti 114,22 gram sabu,” ucapnya.
Terakhir, tambah Safwan, BNNK Sergai juga melaksanakan dua kegiatan kerohanian di tahun 2020 seperti Halal Bi Halal dan peringatan Maulid Nabi (MS6).