Koordinasi Virtual dengan Gubsu, Sekdakab: Tidak Ada Hari Libur untuk Satgas

mediasumutku.com| SERGAI-
Bupati Serdang Bedagai,
Soekirman yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai, M. Faisal Hasrimy, mengikuti koordinasi virtual via zoom meeting dengan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi di ruang rapat Sekdakab, Kompleks Kantor Bupati Sergai, di Sei Rampah, Selasa (29/12/2020).
Koordinasi virtual ini juga
diikuti oleh 33 Kabupaten/Kota se-Provinsi Sumatera Utara.
Dalam sambutannya, Gubsu
Edy Rahmayadi menyebutkan, koordinasi ini merupakan antisipasi jelang akhir tahun 2020 di tengah situasi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang masih belum berakhir.
Dia menyatakan, hal terpenting yang perlu diperhatikan oleh seluruh pimpinan daerah adalah penerapan protokol kesehatan (prokes) jelang libur tahun baru dan rencana penerapan kegiatan belajar-mengajar luar jaringan (luring).
“Saya menginstruksikan agar
tidak ada kegiatan yang sifatnya menciptakan kerumunan dalam perayaan Tahun Baru 2021. Untuk lokasi publik juga akan dilakukan pembatasan jam operasional. Kegiatan ibadah juga wajib dilaksanakan dengan menerapkan prokes secara ketat. Selebihnya, prioritaskan agar masyarakat tetap di rumah,” paparnya.
Terkait gelombang mudik akhir tahun, Gubsu juga meminta, agar pihak berwenang di seluruh daerah di Provinsi Sumut mengantisipasi kedatangan pemudik dari zona merah, sehingga perlu dilakukan validasi surat keterangan sehat, lakukan pengecekan suhu tubuh di setiap perbatasan dan pelabuhan-pelabuhan dan siapkan lokasi isolasi.
Perihal anggaran, Edy menyebutkan, tahun depan tidak diadakan refocusing, akan tetapi akan dibuat rencana anggaran untuk penanggulangan pandemi.
“Terkait aktivitas pendidikan, sampai saat ini saya masih akan melakukan koordinasi dan pembahasan dengan tokoh-tokoh pendidik, dokter anak, psikolog anak, dan lain-lain untuk membahas alternatif terbaik yang akan diterapkan di Provsu. Intinya, kita mesti memenuhi kebutuhan pendidikan anak-anak kita tapi tanpa mengabaikan aspek kesehatan,” jelas Edy Rahmayadi.

Merespons imbauan Gubsu, Edy Rahmayadi, Bupati Sergai melalui Sekdakab M Faisal Hasrimy menyampaikan, agar Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Sergai bekerja secara maskimal di akhir tahun 2020.
“Saya berharap kita bekerja dengan tidak mengenal kata “libur”, tidak ada tanggal merah. Kita tetap maksimalkan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat terkait prokes, terutama di objek-objek wisata di Sergai,” katanya.
Dia meminta, agar Dinas Kesehatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sebagai garda terdepan rutin mengingatkan kepada masyarakat bahwa pandemi belum berakhir, sehingga tidak lengah menerapkan protokol kesehatan.
Sekdakab juga menyikapi instruksi Gubsu perihal kegiatan belajar mengajar yang sampai saat ini belum dianjurkan dilaksanakan secara langsung.

“Untuk itu kita maksimalkan aplikasi dan mekanisme edukasi yang sudah ada sehingga kualitas pendidikan yang diterima anak-anak kita tidak tertinggal. Dalam hal ini saya meminta kepada Dinas Pendidikan untuk menanganinya,” sebut Faisal. (MS6)